Sukses

Gara-gara Ponsel Dicuri, Malaysia Terancam Perang Antarras

Insiden pencurian ponsel ternyata berbuntut panjang di Malaysia. Apa yang terjadi?

Citizen6, Jakarta Sebuah video perkelahian di Facebook mendadak hebohkan netizen Malaysia. Sebabnya, perkelahian tersebut memicu ketegangan antarras di Malaysia.

Insiden tersebut bermula dari dua pria Melayu yang tengah menawar harga telepon seluler di sebuah pusat perbelanjaan di Kuala Lumpur. Entah apa yang terjadi, dua pria tersebut membawa lari ponsel yang dijual pemilik toko dari etnis Tionghoa. Mereka kemudian ditangkap dan ditahan.

Akan tetapi, setelah salah satu pria dilepaskan, ia kembali beberapa jam kemudian dengan tujuh pria Melayu lain yang mengaku pernah ditipu oleh si penjaga toko dari etnis Tionghoa. "Kelompok tersebut datang ke mal dan cari masalah. Mereka diusir oleh penjaga pertokoan," ujar Shannon Teon, sebagaimana dikutip dari Strait Times, Jumat (24/07/2015).

Perkelahian terjadi. Saat itulah seorang pengunjung merekam insiden tersebut dan mengunggahnya di Facebook. Sontak, video tersebut mendapat banyak tanggapan dari netizen. Beberapa berkomentar rasis dan membela si pencuri beserta rekan-rekannya. Video tersebut telah ditonton lebih dari 800 ribu kali dan dibagikan lewat sosial media.

Malamnya, seratusan orang berkumpul di depan mal. Beberapa orang terluka. Sekelompok warga etnis Tionghoa diserang saat kejadian tersebut. Ternyata, telah lama terjadi ketegangan antara etnis Melayu dan Tionghoa di negeri jiran tersebut. Penyebabnya, anggapan bahwa etnis Tionghoa mengambil semua pekerjaan bagus dan menghasilkan uang lebih banyak daripada orang Melayu.

Pemerintah bergerak cepat. Perdana Menteri Najib Razak bahkan sampai harus mengingatkan bahwa insiden tersebut murni kasus kriminal dan bukan masalah etnis. Meski demikian, tak semuanya mengindahkan imbauan tersebut.

Strait Times

Di balik semua kerusuhan tersebut, masih banyak orang yang menginginkan kedamaian antar dua etnis tersebut. Salah satunya foto selfi seorang pria Melayu dan penjaga etnis Tionghoa yang memuji pelayanan terbaik dari penjaga toko. Foto tersebut langsung menjadi viral dan dipuji oleh banyak orang. (sul/kw)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin Dapat Ponsel Gratis ikuti #LebaranNarsis di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini