Sukses

Kisah Mbah Sholeh, Santri Sunan Ampel yang Punya 9 Makam

Sunan Ampel adalah salah satu Walisongo yang menyebarkan agama islam di tanah Jawa.

Citizen6, Jakarta Sunan Ampel adalah salah satu Walisongo yang menyebarkan agama islam di tanah Jawa. Salah satu peninggalan Sunan Ampel di tanah jawa adalah Masjid Agung Sunan Ampel.

Masjid ini didirikan pada tahun 1421 oleh Sunan Ampel, dibantu sahabat karibnya Mbah Sholeh dan Mbah Sonhaji, serta para santrinya. Masjid Sunan Ampel dibangun di Desa Ampel (sekarang Kelurahan Ampel), Kecamatan Semampir, Surabaya.

Masjid Agung Sunan Ampel ini menjadi pusat penyebaran agama islam di kala itu. Kawasan Masjid Agung Sunan Ampel telah ditetapkan menjadi tempat wisata religi oleh Pemkot Surabaya. Masjid Agung Sunan Ampel ini termasuk salah satu masjid tertua di Indonesia.

Banyak cerita unik berkenaan dengan Masjid Agung Sunan Ampel ini. Salah satunya adalah kisah Mbah Sholeh, tukang sapu masjid yang meninggal 9 kali. Karena meninggal 9 kali, beliau pun memiliki 9 makam yang terletak di samping Masjid Ampel.

Selengkapnya


Pengirim:

Melati Oktaviani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini