Sukses

Berkat Polisi Tunanetra, Kota Ini Aman Selama 10 Tahun

Terhitung sudah lebih dari satu dekade Pan Yong mengemban tugasnya di kantor polisi Chong di Lanba, Guizhou.

Citizen6, Cina Menjadi seorang difabel atau disabel bukanlah suatu halangan untuk mencapai sukses. Seperti perjuangan yang dilakukan seorang pria tunanetra asal Cina ini.

Pan Yong, pria berusia 43 tahun ini adalah seorang polisi tunanetra yang berhasil menjaga rumah-rumah di kawasan selatan Cina dari kejahatan. Dilansir Dailymail pada Rabu (8/7/2015), terhitung sudah lebih dari satu dekade ia mengemban tugasnya di kantor polisi Chong di Lanba, Guizhou. 

Dailymail.co.uk

Pan merupakan polisi satu-satunya yang berjaga di Lanba, ia juga bertanggung jawab menjaga sebuah distrik di tiga desa administratif dan 13 desa kecil lainnya di sepanjang stasiun kereta api Ci Chong.

Bahkan dibawah pengawasa Pan, kawasan tersebut terbilang aman karena selama lebih dari 10 tahun tidak ada kasus pidana, kasus keamanan publik ataupun kecelakaan lalu lintas. Keberhasilan yang didapatnya juga tak lepas dari dukungan istrinya, Tao Hongyong.

Dailymail.co.uk

Tao yang berusia 46 tahun itu merupakan seorang penjaga keamanan di stasiun kereta api lokal, juga setiap harinya ia membantu suaminya selama pemeriksaan keamanan di sekitar kota.

Dailymail.co.uk

"Saya memiliki posisi kecil, tapi saya mencintai profesi ini. Bahkan istri saya menjuluki saya sebagai workaholic," ucap Pan. "Meskipun sya tidak bisa melihat kereta api lagi, saya masih bisa mendengarnya," lanjutnya.

Dailymail.co.uk

"Saya percaya melayani masyarakat membawa arti nyata untuk hidup saya," tambahnya.

Pan mulai kehilangan penglihatannya pada 2002 silam setelah tertular glaukoma dan katarak sehingga ia hanya bisa melihat cahaya saja. Bahkan ia pernah merasa hidupnya sudah berakhir ketika ia kehilangan penglihatannya. Namun, ketika ia menikahi Tao pada 2004, ia merasa istrinya memberi harapan baru baginya. (ul/kw)

 **Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.