Sukses

Hebat, Mahasiswa Undip Ciptakan Body Mobil dari Limbah

Universitas Diponegoro Semarang memberikan kontribusi dalam bidang otomotif dengan menyumbangkan terobosan baru dalam pembuatan body mobil

Citizen6, Semarang Tim Program Kreatifitas Mahasiswa bidang Penelitian (PKM-P) dari Universitas Diponegoro Semarang memberikan kontribusi dalam bidang otomotif dengan menyumbangkan terobosan baru dalam pembuatan body mobil dengan menggunakan limbah kertas uang sebagai bahan campuran komposit dalam pembuatannya.

Ide unik ini berawal dari pernyataan Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengatakan, jumlah limbah uang kertas BI di Kota Solo mencapai 140 ton/tahun. Melihat potensi limbah uang kertas yang setiap tahunnya ratusan ton, pemkot berencana memanfaatkan limbah tersebut menjadi kerajinan.

“Penyerapan limbah untuk dijadikan kerajinan masih minim lantaran pangsa pasar yang terbatas,” jelasnya.

Berdasarkan potensi yang dimiliki oleh uang kertas, Khoirul Ma’nun (mahasiswa Teknik Mesin Universitas Diponegoro) bersama dengan Radhitya Pujosakti dan Muslikha memanfaatkan limbah kertas uang tersebut menjadi bahan material komposit untuk bodi mobil.

“Uang kertas itu memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan kertas pada umumnya, diantaranya adalah tensile strength (indeks tarik) bagus, tearing strength (ketahanan sobek) tinggi, folding endurance (ketahanan lipat) tinggi, tahan lama (durable), dan tidak mudah luntur” ujar Ma’nun (24/06).

“Setelah dilakukan penelitian, memang benar kekuatannya hampir enam kali lebih baik dibandingkan dengan bahan fiberglass yang umum dipakai dalam pembuatan body mobil” tambah Ma’nun.

Penelitian ini diharapkan dapat membantu dalam pemanfaatan limbah kertas uang yang ada di Indonesia dan memberikan terobosan baru dalam bidang otomotif, khususnya di bidang body mobil itu sendiri.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.