Sukses

Koleksi Pedang Rasulullah Ini Membuat Dunia Kagum

Pernahkah Anda mendengar pedang-pedang Rasulullah yang berikut ini?

Citizen6, Jakarta Nabi Muhammad SAW memiliki beberapa bilah pedang yang ia gunakan dalam peperangan. Pedang-pedang tersebut memiliki keunikan masing-masing. Apa saja?

1. Al-Battar

Pedang yang satu ini didapatkan oleh Rasul sebagai rampasan perang. Di pedang tersebut, terdapat relik gambar Raja Daud saat memotong kepala Goliath. Pedang ini lebih dikenal dengan sebutan dengan nama "Pedang Para Nabi."

2. Qal'i

Pedang yang kini tersimpan di Museum Topkapi, Istanbul ini berukuran sekitar 100 cm. Pedang yang satu ini memiliki desain yang unik. Pada pegangannya, terdapat tulisan dalam bahasa Arab yang bertuliskan: Ini adalah pedang mulia dari rumah Nabi Muhammad, rasul Allah."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Selanjutnya

3. Al-Ma'thur

Pedang ini pegangannya bersepuh emas dalam bentuk ular serta bertahtakan zamrdu dan pirus. Pedang yang dikenal juga dengan nama Ma'thur al-Fijar ini mata pedangnya berukuran 99 cm. Di dekat pegangan terdapat kalimat: Abdallah b. Abd al-Muthalib. Pedang ini juga tersimpan di Museum Topkapi.

4. Dhu al-Faqar

Pedan ini didapat dari rampasan perang setelah Perang Badar. Pedang ini memiliki dua mata pedang dan diberikan oleh nabi ke Ali bin Abi Thalib.

3 dari 5 halaman

Selanjutnya

5. Hatf

Rupa pedang ini mirip dengan Al-Battar namun lebih besar sedikit. Hatf memiliki mata pedang 112 cm dan lebar 8 cm.

6. Al Mikdham

Pedang yang memiliki mata pedang sepanjang 97 cm ini memiliki tulisan Zayn al-Din al-Abidin. Pedang ini kini tersimpan di Museum Topkapi, Istanbul.

4 dari 5 halaman

Selanjutnya

7. Al-Rasub

Pedang ini memiliki panjang 140 cm. Selain itu, terdapat lingkaran emas yang bertuliskan nama Ja'far Al-Sadiq. Pedang ini merupakan pedang wasiat keluarga rasul yang disimpan oleh keluarganya. Kini pedang ini tersimpan di Museum Topkapi, Istanbul.

8. Al-'Adb

Pedang ini digunakan nabi pada Perang Uhud. Nama pedang ini berarti memotong atau tajam. Kini pedang ini tersimpan di Mesjid Husain Kairo, Mesir.

5 dari 5 halaman

Selanjutnya

9. Al-Qadib

Bilahan pedang ini begitu tipis menyerupai tongkat. Pedang ini tersimpan di rumah Nabi Muhammad dan kemudian dimiliki oleh khalifah Fatimiyah. Mata pedangnya sepanjang 100 cm dan sarung pedang terbuat dari kulit hewan yang dicelup. (sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.