Sukses

Ajaib, Dokter Ini Berhasil Cangkokkan Kepala Tikus ke Tikus Lain

Dokter ini berhasil mentransplantasi/memindahkan kepala tikus dari satu tubuh ke tubuh lain dan tikus tersebut kembali hidup!

Citizen6, Jakarta Ahli bedah dari Cina Xiaoping Ren berhasil melakukan operasi yang bersejarah. Pada percobaan operasinya, ia memotong kepala dari salah satu tikus percobaan dan menjahitnya di tubuh tikus yang lain. Aneh bin ajaib, operasi yang ia lakukan sukses. Tikus tersebut membuka matanya dan bahkan berhasil bernapas sendiri. Sejak saat itu, sang dokter eksentrik dan timnya telah melakukan transplantasi kepala hingga 1.000 tikus.

Pada tiap operasinya, Dr. Ren telah mencoba untuk menyempurnakan prosedurnya dengan menggunakan tabung kecil untuk membawa darah beroksigen dari otak tikus untuk tubuh baru mereka. Dalam 1.000 kali percobaan, tidak semuanya berhasil. Beberapa tikus menunjukkan tanda-tanda kehidupan kembali. Namun, setidaknya satu dari mereka mati tiap hari.

Dr. Ren yang awalnya bekerja di Universitas Cincinnati, kembali ke Cina karena pemerintah Cina telah bersedia mendanai proyeknya tersebut. Bahkan ia berharap akan mendapat tambahan dana hibah karena ia berniat mentransplantasi kepala monyet pada percobaan berikutnya. Meski penelitiannya dikritik oleh banyak orang, terkait dengan menghidupkan kembali sesuatu yang telah mati, ia tetap melanjutkan percobaannya.

Menurut Dr. Ren, sebagaimana dikutip dari Odditycentral, Rabu (10/06/2015), bila transplantasi kepala dapat disempurnakan, suatu saat dokter dapat membantu pasien yang otaknya utuh tetapi tubuhnya rusak.

Hal tersebut sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru. Telah banyak harapan dapat memindahkan isi kepala manusia yang tubuhnya telah rusak. Bahkan salah satu film Jhonny Depp, Transendence diceritakan kepintaran Jhonny Depp dapat dipindahkan ke komputer dan internet. (sul/kw)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini