Sukses

Pulau Banda, Rahasia Surga di Ujung Timur Indonesia

Keindahan pulau yang satu ini sudah terkenal ke mana-mana

Citizen6, Jakarta Pulau Banda, siapa pun pasti sudah sangat mengenal nama pulau ini. Untuk Anda yang senang bertualang mencari suasana alam yang berbeda dari suasana alam yang lain tentu sudah tak asing lagi dengan nama ini. Namun untuk Anda yang belum pernah sama sekali mendengar nama ini, maka Anda wajib untuk mengunjungi tempat ini. Masukkan ke dalam daftar destinasi yang harus Anda kunjungi di tahun ini.

Terisolasi dari seluruh Maluku Tengah, dengan puluhan pulau vulkanik yang membuat surga ini muncul ke permukaan. Meskipun kecil, namun pulau ini akan memberikan Anda kenangan dan pemandangan alam yang besar.
 
Pada abad pertama masehi, pulau ini menjadi pabrik penghasil pala harum yang dicari oleh bangsa Cina, India, dan kapal-kapal Arab. Ini adalah jenis rempah-rempah yang berharga dan dapat dijual dengan keuntungan besar di pasar luar negeri. Orang-orang dari Banda pada dulunya menggantungkan hidupnya dari hasil alamnya, tetapi beberapa tahun kemudian, mereka menderita di tangan penjajah Belanda yang ingin menguasai pulau ini demi rempah-rempahnya.

Meskipun memiliki reputasi yang besar, Pulau Banda Maluku hanyalah sebuah pulau yang sangat kecil di antara tiga pulau besar dan tujuh pulau lainnya yang lebih kecil. Dua pulau terbesar, Banda Besar dan Naira, ditutupi dengan pohon pala. Pulau ketiga, Gunung Api atau 'puncak api', merupakan gunung berapi aktif yang muncul dari dalam laut dan sepenuhnya berbatu dan juga berbentuk vulkanik.
 
Di perairan sekitar pulau-pulau ini Anda akan menemukan beberapa taman laut yang paling spektakuler di dunia, dengan karang berwarna cerah dan ikan yang berwarna-warni yang seakan menyambut kedatangan Anda dengan ramah ke dalam rumahnya di dalam air sebening kristal. Sehingga Anda bisa melihat ke dalam laut itu sendiri apa yang disembunyikan oleh laut dalam pulau ini.
 
Itu mengapa pulau ini adalah pulau yang sangat sempurna dan cocok untuk dijadikan arena menyelam, snorkeling atau bahkan jalan-jalan. Terletak kurang lebih 132 kilometer tenggara Ambon, ini adalah gugusan pulau terkecil yang sangat indah di ujung timur Indonesia. Dengan karang yang berwarna-warni akan menghipnotis Anda untuk tetap menikmati keindahan eksotis tersembunyi di balik air yang jernih.

Pulau ini adalah pulau yang sempurna untuk kegiatan menyelam, baik bagi para pemula maupun profesional sekalipun. Ke mana pun Anda pergi, Anda akan selalu menemukan keindahan, sejarah yang luar biasa, penduduk yang ramah, dan beberapa terumbu karang dunia yang beragam secara biologis.
 
Banda adalah surga bagi para penyelam yang datang dari seluruh dunia untuk menjelajahi beberapa tempat menyelam yang paling terpencil dan belum terjamah di dunia. Tunggu apalagi, segera berkemas dan jelajahi Pulau Banda Maluku.
 
Pengirim:
 
Arman Mulyadin
Twitter : @doyanjalanjalan​
 
**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini