Sukses

Ini Asal Muasal Lambang Garuda Pancasila

Tahukah Anda sejarah Garuda Pancasila? Ini sejarah sebenarnya

Citizen6, Jakarta Tahukah Anda, asal muasal lambang negara Garuda Pancasila?

Lambang negara Indonesia telah dikenal dalam mitologi kuno bangsa Indonesia, yakni kendaraan Dewa Wisnu yang menyerupai elang rajawali. Burung Garuda memiliki akar sejarah yang sangat kuat. Garuda tampil di sejumlah candi yang terdapat di Indonesia.

Burung Garuda dijadikan lambang negara untuk menggambarkan Indonesia sebagai bangsa yang besar dan berdaulat. Setelah perang kemerdekaan tahun 1945, pemerintah merasa perlunya lambang negara. Maka pada tanggal 10 Januari 1950, dibentulah Panitia Lencana Negara untuk menyelenggarakan sayembara pemilihan lambang negara.

Panitia tersebut beranggotakan: M. A. Pelaupessy, RM. Ngabehi Purbatjaraka, Ki Hajar Dewantoro, Muhammad Yamin, serta Mohammad Natsir. Dari beberapa lambang yang masuk, rancangan Sultan Hamid II dari Pontianak terpilih memenangkan sayembara tersebut.

Rancangan tersebut mendapat masukan dari Soekarno dan Hatta sehingga mengalami beberapa perbaikan. Lambang Garuda Indonesia pertama kali diperkenalkan pada masyarakat Jakarta pada tanggal 15 Februari 1950.

Untuk membedakan dengan burung Elang Gundul lambang Amerika Serikat, Presiden Soekarno pun memerintahkan pelukis Istana untuk menambahkan jambul sebagaimana yang kita kenal saat ini.

foto: globalmaya.wordpress.com

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.