Sukses

Kamar Kapsul, Alternatif Melepas Lelah Tanpa Pulang ke Rumah

Bila rumah Anda jauh dari Jakarta, mungkin bisa mempertimbangkan beristirahat di kamar kapsul.

Citizen6, Jakarta Infrastruktur Jakarta yang semakin baik dari hari ke hari, mendorong pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi pula. Hal ini membuat orang berbondong-bondong mencari pekerjaan ke Jakarta. Para pekerja tersebut tak hanya bertempat tinggal di Jakarta, namun juga berasal dari daerah-daerah di sekitar Jakarta. Jarak yang jauh tentu membuat banyak pekerja yang terpaksa menghabiskan separuh waktunya di jalanan.

Tingginya mobilitas para pekerja melatarbelakangi menjamurnya kos-kosan di Jakarta. Salah satu konsep unik yang ditawarkan adalah kos-kosan berbentuk kapsul atau kabin. Di negara maju, konsep seperti ini sudah pernah diterapkan. Misalnya saja di Jepang, terdapat hotel Kapsul yang kebanyakan disewa oleh pekerja kantoran yang pulang terlalu malam dan tertinggal kereta.

Di Jakarta sendiri, konsep seperti ini belum banyak yang mengaplikasikan. Salah satu yang menawarkan konsep unik adalah Shantonio Siogian. Pria yang satu ini mengubah rumahnya menjadi kos-kosan dengan konsep kabin kapsul.

Saat dihubungi tim Citizen6, ia mengaku konsep kabin kapsul telah ia jalankan sejak tahun lalu. "Awalnya target konsumen saya perempuan, namun ke depannya ternyata lebih banyak laki-laki yang menyewa," ujar Shanto melalui pesan singkat, Senin (18/05/2015).

Menurutnya, kos-kosan ini cocok untuk para pekerja yang bekerja di Jakarta dan butuh tempat tinggal sederhana, tapi nyaman. "Kebanyakan penyewa menggunakan kabin untuk melepas lelah karena lembur sedangkan rumahnya jauh."

Meski berukuran kecil, kamar kapsul ini nyatanya nyaman karena adanya pendingin ruangan serta kasur yang empuk. Harga sewa per bulannya pun relatif terjangkau dibanding menyewa kamar biasa. Saat ini sudah terdapat 16 unit kapsul yang direspon dengan baik oleh para masyarakat.

Bila Anda pekerja yang rumahnya jauh dari Kota Jakarta dan terlalu letih untuk pulang, mungkin tidak ada salahnya mempertimbangkan kamar kapsul sebagai pilihan melepas lelah.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini