Sukses

Tragis, 6 Kisah Selfie Berujung Maut

Sejak diperkenalkan pada 2013 lalu hingga saat ini beragam gaya selfie pun sudah dihasilkan masyarakat hingga menjadi tren di socmed.

Citizen6, Jakarta Fenomena foto selfie nampaknya sudah tak asing lagi terdengar di telinga masyarakat di penjuru dunia. Pasalnya, sudah banyak pose selfie yang dibuat untuk beragam kepentingan sehingga menjadi tren dikalangan para pengguna jejaring sosial. Bahkan dengan berkembang produk gadget serta bertambahnya pengguna internet kini membuat aktivitas selfie semakin disukai.  

Sejak diperkenalkan pada 2013 lalu hingga saat ini beragam gaya selfie pun sudah dihasilkan masyarakat, beberapa diantaranya pun hingga menjadi tren di kalangan pengguna sosial media. Kegiatan melakukan selfie memanglah mengasyikan, tapi juga mempunyai segi negatif. Hanya saja, beberapa orang menilai jika ber-selfie harus menghasilkan foto yang keren, karena tuntutan itu beberapa orang diantara mereka yang sampai mempertaruhkan nyawa demi mendapatkan hasil selfie yang maksimal.

Walaupun tidak semua orang, tapi adapula selfie-selfie yang menjadi sebuah bukti akhir kehidupan seseorang. Berikut 5 kisah selfie yang berujung maut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1

1. Erri Yunanto

Salah satu korban selfie maut baru-baru ini adalah seorang mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Pada Sabtu, 16 Mei 2015, ia dikabarkan terjatuh pada saat melakukan selfie di atas Puncak Garuda Gunung Merapi. Erry Yunanto diketahui terpeleset ke dalam kawah sedalam 100-200 meter seperti dilaporkan oleh Tim SAR Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali.

Tim SAR BPBD Boyolali, relawan, serta warga dilaporkan tengah dalam proses evakuasi Erry yang jatuh cukup dalam. Namun demikian, sejauh ini belum diketahui di mana posisi pendaki berusia 21 tahun itu terjatuh, serta apakah korban masih hidup atau tidak.

3 dari 7 halaman

2

2. Xenia Ignatyaeva

Berfoto selfie menjadi aksi terakhir yang dilakukan Xenia Ignatyaeva sebelum meninggalkan dunia ini. Gadis berusia 17 tahun ini memiliki keinginan melakukan selfie extrime di ketinggian 30 kaki dengan menggunakan kamera kesayangannya pada malam hari untuk memberikan efek kota Rusia dengan latar belakang jalur kereta api.

Namun, saat Xenia kehilangan keseimbangan ia terjatuh dari sisi jembatan dan berusaha menyelamatkan diri dengan meraih kabel listrik untuk berpegangan. Ternyata kabel tersebut merupakan kabel tegangan tinggi dengan sengatan listrik sebesar 1.500 volt yang menewaskan dirinya.

4 dari 7 halaman

3

3. Isabella Fracchiolla

Remaja perempuan asal Italia ini kehilangan nyawanya saat ingin berfoto selfie dari tebing di pinggir pantai laut Tarato. Isabella diketahui tengah mencari lokasi yang keren agar ia mendapatkan hasil yang bagus saat berfoto selfie. Nahasnya ia terjatuh dari ketinggian 18 meter dan mengalami cedera pada tulang paha, panggul dan kepala dan sempat dilarikan ke rumah sakit sesaat setelah terjatuh. Namun, saat ia menjalani operasi besar nyawanya sudah tak tertolong karena lukanya terlalu parah.

5 dari 7 halaman

4

4. Pasutri asal Polandia

Sungguh nahas nasib pasangan suami istri asal Polandia ini. Pada Selasa, 12 Agustus 2014 silam mereka tewas saat melakukan selfie di sebuah tebing di Cabo da Raca, Portugal Barat. Diketahui kejadian tersebut bermula ketika pasutri ini ingin melakukan foto ekstim, namun saat asik berfoto narsis mereka terpelisit dan jatuh dari ketinggian ribuan meter.

Mengenaskannya lagi, saat kejadian ada dua anak mereka, yang masing-masing berusia 5 dan 6 tahun, menyaksikan langsung bagaimana orangtua mereka jatuh. Kedua bocah itu langsung dibawa ke psikiater untuk menjalani perawatan atas trauma dan rasa takut yang mendera mereka.

6 dari 7 halaman

5

5. Sylwia Rajchel

Nasib nahas menimpa turis asal Polandia bernama Sylwia Rajchel. Perempuan berusia 23 tahun ini meninggal karena terpelesit dan jatuh dari ketinggian 15 kaki jembatan terkenal Puente de Triana saat tengah berlibur di kota Seville, Spanyol. Sylwia berusaha menyeimbangkan dirinya di atas jembatan, namun sayangnya ia malah terpeleset dan terjatuh. Insiden tersebut terjadi saat tengah malam di mana jarang sekali orang yang berlalu lalang.

7 dari 7 halaman

6

6. Chezka Agas

Seorang remaja berusia 18 tahun bernama Chezka Agas tewas saat sedang asyik berfoto selfie yang dilakukan pada perayaan ulang tahun temannya. Tepatnya pada 24 Oktober 2014 lalu ia beserta delapan temannya melakukan aktivitas selfie di depan kincir angin Bangui di sebuah pantai di desa Barangay Masikil, Ilocos Norte, tiba-tiba saja gelombang laut yang besar datang dan menghantam mereka hingga menyeret mereka ke laut.

Saat ini seseorang lebih memilih mengambil risiko untuk mendapatkan sebuah hasil yang spektakuler. Walaupun ingin terlihat keren, tapi keselamatan harus lebih diprioritaskan ya.

(ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.