Sukses

50 Pelajar Peringati Hari Bumi di Pulau Harapan

Penghuni planet ini mempringati Hari Bumi sedunia setiap 22 April tiap tahunnya.

Citizen6, Jakarta Dalam memperingati Hari Bumi yang jatuh setiap 22 April tiap tahunnya, banyak masyarakat diberbagai wilayah yang membuat aksi peduli lingkungan diantaranya, dengan menanam pohon. Kegiatan tersebut pun dilakukan para pelajar dari berbagai sekolah dasar di Pulau Harapan, Kepulauan Seribu, Jakarta, pada Rabu, 22 April 2015.

Kegiatan yang bertajuk "Aksi Nyata untuk Bumi" itu digagas oleh PT SHARP Electronics Indonesia (SEID) yang bekerja sama dengan Yayasan Terangi dan Taman Nasional Kepulauan Seribu. Sebanyak 50 pelajar turun langsung untuk melakukan transplantasi 100 terumbu karang, 1000 tanaman mangrove dan aksi bersih pantai. Adapula edukasi mengenai pelestarian ekosistem laut melalui beragam permainan.

Pada akhirnya, kami yakin ekosistem laut yang terpelihara ini akan mampu memberikan manfaat positif kepada masyarakat. Untuk mewujudkan hal ini tentu dibutuhkan dukungan dan peran serta aktif dari penduduk setempat,” ucap Pandu Setio selaku PR, CSR, & Promotion Manager SEID.

Transplantasi 100 terumbu karang yang dipakai yaitu dari marga Acropora sp, Seriatopora sp, Caulastrea sp, Stylopora sp, Montipora sp, dan Pocilopora sp dengan memanfaatkan medium tanam berupa pipa berbentuk piramida unik yang merupakan model buatan para pelajar SMA dari Kepulauan Seribu pemenang kompetisi rehabilitasi terumbu karang gelaran Terangi.

Tak hanya itu, para pelajar juga menanam 1000 tanaman mangrove jenis Rhizopora sp juga melakukan aksi bersih pantai sebagai salah satu kontribusi dalam menjaga kebersihan pantai, sekaligus meningkatkan kepedulian para pelajar terhadap lingkungan yang bersih dan sehat. Kegiatan aksi bersih pantai ini juga berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 30 kilogram, terdiri dari sampah basah dan kering yang nantinya akan dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang berlokasi di Pulau Harapan untuk diproses.

(ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini