Sukses

10 Kutipan Surat R.A Kartini yang Menggugah Hati

Ada beberapa kutipan surat dari RA Kartini yang menginspirasi. Apa saja?

Citizen6, Jakarta Raden Adjeng Kartini atau disingkat dengan RA Kartini merupakan seorang tokoh Indonesia yang berhasil membangkitkan martabat kaum wanita Indonesia. dikenal dengan emansipasi wanitanya, wanita yang lahir pada 21 april 1879 ini memperjuangkan kebebasan wanita yang terhambat oleh kebudayaan di jawa. Dia berpendapat bahwa kebudayaan yang ada di jawa pada saat itu menghambat kemajuan kaum wanita. 

Dia sendiri tidak diperbolehkan melanjutkan studinya di tingkat yang lebih tinggi oleh orang tuanya. kemudian dia di jodohkan dengan bupati asal rembang, K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat, yang sudah pernah memiliki tiga istri. Namun semua itu tidak melunturkan niatnya untuk memperjuangkan perempuan pribumi di jawa. Dia berhasil membangun sekolah wanita di semarang pada 1912 dan kemudian di surabaya, malang dan daerah daerah lain. 

Perjuangan RA Kartini tidak berhenti di itu itu saja. Dia mampu mengubah pandangan menir menir belanda dengan pemikiran pemikirannya yang berisi tentang kondisi social pada saat itu. Terutama kondisi perempuan pribumi. Dia menuangkan pemikirannya tersebut dalam surat surat yang kemudian ia kirimkan ke De Hollandsche Lelie. 

Dari surat surat tersebut terdapat ungkapan ungkapan yang menggugah hati pembacanya. Berikut ini 10 ungkapan isi surat kartini yang menggugah hati.

Ingin tahu cerita selengkapnya? Baca langsung di sini

Pengirim:

Asli Indonesia

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini