Sukses

6 Hewan Herbivora Paling Buas dan Berbahaya di Dunia

Meskit tergolong pemakan tumbuhan, beberapa hewan herbivora dapat lebih berbahaya dari hewan karnivora. Hewan apa saja?

Citizen6, Jakarta Meski tergolong pemakan tumbuhan, ternyata ada beberapa hewan herbivora yang termasuk ganas. Mereka mampu menyerang musuh dengan cepat dan membuatnya terluka. Tak hanya itu, mereka juga dapat membunuh musuh mereka dengan kemampuan unik yang dimiliki. Apa saja jenis hewan tersebut?

1. Kasuari

Burung yang satu ini tergolong burung raksasa. Burung Kasuari banyak tinggal di daerah hutan hujan Australia dan Papua Nugini. Burung yang satu ini sangat pandai dalam banyak hal. Jambul di kepala mereka sebenarnya berongga dan biasa digunakan untuk menghasilkan panggilan dengan frekuensi yang rendah untuk berkomunikasi dengan kasuari lain dalam jarak jauh.

Meski mereka biasanya mengonsumsi buah, namun saat diganggu, mereka akan melompat ke udara dengan gaya kung fu. Lalu mereka akan menendang musuh dengan cakar mereka yang panjang dan lurus seperti keris. Kasuari dapat mengeluarkan isi perut seorang pria dengan kakinya tersebut. Terbukti, tak hanya anjing liar, sapi, dan kuda yang menjadi korban mereka, manusia pun telah sering menjadi korbannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Selanjutnya

2. Bison

Dengan berat tubuh yang mencapai satu ton, banteng Amerika ini merupakan salah satu dari dua herbivora berbadan raksasa yang tinggal di Amerika Utara. Meski populasi mereka tinggal sedikit, mereka masih bisa ditemukan di taman nasional.

Bison mampu menewaskan wisatawan lebih dari kekuatan beruang dan serigala. Dengan tanduknya, mereka dapat melempar Anda ke udara lalu mempermainkan tubuh Anda. Namun tenang saja. Mereka tidak akan menyerang Anda kecuali Anda mengganggu mereka.

3 dari 6 halaman

Selanjutnya

3. Badak

Ada lima spesies badak di Afrika dan Asia. Mereka semua tangguh dan mematikan. Tanduk mereka dapat melukai Anda hingga berdarah-darah. Badak India bahkan memiliki gigi tajam yang membuat mereka terkenal karena gigitan mereka. Tubuh mereka yang besar juga mampu meremukkan badan musuh mereka dengan menginjak-injak.

4 dari 6 halaman

Selanjutnya

4. Kerbau Hutan

Meski terlihat seperti sapi raksasa, mereka sebenarnya herbivora paling ditakuti di Afrika. Kerbau hutan amat mudah marah. Badan yang besar dan tanjuk yang tajam menjadi senjata mereka dalam melindungi diri.

Meski begitu, mereka merupakan hewan yang peduli satu sama lainnya. Jika salah satu dari anggota mereka terluka oleh musuh, maka kerbau hutan lainnya akan bersama-sama menyerang musuh tersebut.

5 dari 6 halaman

Selanjutnya

5. Gorila

Meski terlihat seperti pemakan segalanya, Gorila sejatinya adalah herbivora. Mereka suka memakan buah-buahan serta dedaunan. Namun sesekali mereka menyantap rayap untuk variasi.

Meski tergolong ramah, namun gorila jantan dewasa tak akan ragu untuk menyerang penyusup yang menimbulkan ancaman bagi keluarganya. Dengan ukuran tubuh yang besar serta gigi taring yang tajam, mereka dapat melukai musuh dengan sekali serangan.

6 dari 6 halaman

Selanjutnya

6. Baboon

Makhluk ini biasanya tinggal di sekitar pegunungan Ethiopia. Di sana, mereka biasa mengonsumsi rerumputan. Walau tergolong cinta damai, mereka tak ragu menyerang musuh dengan gigi mereka yang tajam. Mereka juga amat mudah marah, liar, dan agresif.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini