Sukses

Gurihnya Ketupat Ketheg Peninggalan Pemerintahan Giri Kedathon

Ketupat yang satu ini benar-benar menggugah selera Anda

Citizen6, Jakarta Giri merupakan nama salah satu desa di kabupaten Gresik tepatnya di Kecamatan Kebomas. Ngomong-ngomong Kebomas sebelumnya saya pernah mengulas tentang salah satu wisata yang ada di Kebomas yaitu Wisata Bukit Jamur. Wisata yang unik yang pernah saya temui. Oke tapi sekarang saya akan membahas satu lagi keunikan yangg ada di Kecamatan Kebomas Gresik, tempatnya di Desa Giri.

Selain terkenal karena adanya makam Sunan Giri (Salah satu sunan Wali Songo) ternyata dibalik itu semua terdapat banyak sekali peninggalan-peninggalan budaya yang sampai saat ini masih di lakukan oleh warga Gresik khususnya Giri. Dari banyaknya peninggalan budaya ada salah satu peninggalan yang berupa makanan yang sangat Unik dan Khas, namanya adalah Ketupat Ketheg.

Ketupat Ketheg merupakan ketupat khas yang hanya di produksi oleh warga di sekitar Desa Giri, tepatnya disekitar makam Sunan Giri. Dinamai Ketheg karena air yang digunakan untuk memasak bukan seperti air yang lazim digunakan untuk memasak ketupat pada umumnya, seperti air sumur yang putih atau air dari PDAM, yang jelas air adalah air yang jernih dan bersih.
 
Lain halnya dengan itu, ketupat ketDesir Ketheg atau Lantung. Air sumur ini terlihat keruh (orang Giri menyebutnya Butek) dan berwarna coklat kehitaman. Ada kurang lebih tiga sumur yang ada di kecamatan kebomas, yang berisi air ketheg, dua berada di Desa sekarkurung dan satu di Gunung Anyar, Kebomas.
 
Ingin tahu cerita selengkapnya? Simak langsung di sini
 

Pengirim:

Miftahur Rizqi

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini