6 Gangguan Tidur Akibat Merokok

Oleh Sulung Lahitani pada 10 Mar 2015, 17:04 WIB
Diperbarui 10 Mar 2015, 17:04 WIB
Ini Alasan Perokok dan Penjualan Rokok Stabil dalam 25 Tahun
Perbesar
Ada banyak alasan bagi perokok untuk merokok

Citizen6, Jakarta Kebiasaan merokok hingga saat ini belum bisa di tuntaskan sepenuhnya. Nikotin, salah satu zat yang terkandung di dalam rokok merupakan zat yang menyebabkan perokok ketagihan.

Dalam jangka panjang, merokok telah terbukti dapat menyebabkan penyakit serius seperti kanker dan serangan jantung. Sedangkan dampak merokok yang paling dini dan memicu penyakit berat lainnya adalah gangguan tidur.

Seperti yang dilansir The Huffington Post, dari beberapa penelitian di temukan bukti bahwa merokok dapat menyebabkan gangguan tidur yang berdampak pada gangguan kesehatan lainnya. Keenam gangguan tidur tersebut yaitu:

1. Gangguan Ritme Sirkadian

Berdasarkan kamus kesehatan, Ritme Sikadian adalah ritme tubuh dalam 24 jam, ritme ini penting untuk menentukan pola tidur dan pola makan semua hewan, termasuk manusia.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Rochester Medical Center pada tahun 2013 lalu menyebutkan bahwa merokok tembakau dapat menyebabkan gangguan ritme tubuh, baik dari lambung maupun otak. 

Ingin tahu kelanjutannya? Baca langsung di sini

Pengirim:

Okta Prasetya

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya