Sumber-sumber Pemborosan Tiap Hari yang Tak Pernah Disadari

Oleh Sulung Lahitani pada 25 Feb 2015, 14:04 WIB
Diperbarui 25 Feb 2015, 14:04 WIB
Sumber-sumber Pemborosan Tiap Hari yang Tak Pernah Disadari
Perbesar
Anda sering dipusingkan dengan pengeluaran yang tak sesuai dengan pemasukan? Pelajari sumber-sumber pemborosan berikut

Citizen6, Jakarta Meski telah bekerja di berbagai tempat, Anda tetap saja kesulitan menutupi pengeluaran yang membengkak? Bagaimana mungkin? Padahal Anda telah mencatat pengeluaran dengan baik. Nah, mungkin saja ada beberapa kebocoran yang membuat Anda boros. Perhatikan sumber-sumber pemborosan yang tak pernah Anda sadari berikut, siapa tahu dapat memperbaiki pengeluaran ke depannya.

2 dari 7 halaman

Selanjutnya

1. Benda sekali pakai

Acap kali acara-acara tertentu yang mesti Anda ikuti membuat Anda mengeluarkan pengeluaran tak terduga. Misalnya, Anda ingin datang ke pesta pernikahan akan tetapi Anda tidak mempunyai gaun yang sesuai. Atau bisa saja, Anda memaksakan diri membeli celana baru yang akan dipakai saat ada acara olahraga dari kantor.

Benda-benda tersebut akhirnya hanya akan menjadi penghuni lemari Anda. Kreatiflah dan manfaat koneksi. Tanyakan pada sahabat atau keluarga. Siapa tahu mereka mempunyai benda yang Anda butuhkan. Bisa juga Anda membongkar lemari untuk mendaur ulang atau memadu padankan benda-benda yang lama tak dipakai.

3 dari 7 halaman

Selanjutnya

2. Pembelian Impulsif

Diskon dan promosii kartu kredit sering menjadi titik lemah banyak orang saat berbelanja. Promosi beli satu dapat satu, potongan harga dengan jumlah pembelian tertentu, atau hadiah spesial dengan pembelanjaan khusus sering menjadi penawaran yang sulit ditolak.

Sebelum memutuskan membelinya, pikirkan kembali apakah Anda benar-benar membutuhkannya? Jika Anda belum bisa membayangkan penggunaan benda tersebut lebih dari dua kali, lupakan niat untuk membelinya.

4 dari 7 halaman

Selanjutnya

3. Menggunakan kendaraan untuk jarak dekat

Zaman yang maju membuat banyak orang menjadi manja. Pergi ke toko atau minimarket yang jaraknya hanya beberapa blok dari rumah terkadang mesti menggunakan kendaraan. Padahal hal tersebut sebenarnya tak perlu jika Anda mau berjalan kaki atau naik sepeda.

Bukankah dengan naik sepeda dan berjalan kaki, Anda menghemat bahan bakar, mengurangi polusi, serta menggerakkan badan Anda. Ingat, obesitas kini menjadi momok banyak masyarakat Indonesia.

5 dari 7 halaman

Selanjutnya

4. Terlalu sering makan di luar

Terkadang Anda tak mampu menolak ajakan teman untuk makan di luar. Padahal yang satu ini merupakan pemborosan yang tidak terasa. Ketahui batasan makan di luar Anda sendiri, jangan sampai melebihi jatah bulanan. Bukan berarti Anda dilarang untuk bergaul dengan teman-teman Anda tentunya. Cobalah sesekali bawa makanan ringan yang Anda buat sendiri.

5. Telat bayar tagihan

Denda dengan jumlah kecil seringkali dianggap sepele. Namun pernahkah Anda memikirkan kalau denda-denda yang kecil tersebut jika dikumpulkan akan terasa makin banyak? Usahakan tepat waktu saat harus membayar berbagati tagihan seperti listrik, telepon, internet, dan kartu kredit. Gunakan fitur pengingat di ponsel Anda.

6 dari 7 halaman

Selanjutnya

6. Pembelian yang tak masuk akal

Beberapa orang sengaja membeli pakaian yang berukuran kecil dengan harapan suatu saat akan pas setelah diet habis-habisan. Beberapa yang lain membeli pakaian yang tak terlalu pas dengan niat memperbaikinya di tukang jahit suatu saat.

Kebanyakan kasus demikian tidak berjalan sesuai rencana. Kemungkinan Anda terlalu sibuk untuk membawa baju tersebut ke tukang jahit. Bisa juga justru Anda malah malas berdiet sehingga baju tersebut tak pernah digunakan. 

7 dari 7 halaman

Selanjutnya

7. Biaya ATM dan transfer

Seringkali Anda dihadapkan pada situasi tak ada ATM bank pilihan Anda dan terpaksa tarik tunai di ATM bank lain. Sesekali tak masalah jika Anda sedang kepepet, namun jangan membiasakan hanya karena Anda malas.

Jika Anda harus turun beberapa lantai untuk ATM bank Anda sedang di depan Anda ada ATM bank lain, jangan tergoda karenanya. Usahakan menarik uang tanpa biaya. Begitupula jika harus transfer uang untuk membayar belanja online. Usahakan menggunakan bank yang sama.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

Lanjutkan Membaca ↓