Sukses

7 Diktator dan Klub Sepak Bola Favoritnya

Siapa yang menyangka kalau para diktator juga mempunyai klub sepak bola favorit. Siapa saja?

Citizen6, Jakarta Diktator biasanya identik dengan sifat kejam, tak kenal ampun, dan rasis. Itu sebabnya diktator tak mempunyai rasa iba saat harus mengeksekusi banyak orang. Namun bagaimanapun, para diktator juga manusia biasa. Mereka mempunyai kesukaan-kesukaan akan hal tertentu. Misalnya saja, sepak bola. Nah, ada beberapa diktator yang menggemari klub-klub sepak bola tertentu. Siapa saja?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Selanjutnya

1. Muammar Khadafi 

Sebuah mug Liverpool pernah ditemukan di antara peninggalan diktator Libya ini. Hal ini yang menjadi indikasi bahwa sang diktator merupakan penggemar The Reds. Salah satu anak Khadafi yang bernama Al-Saadi juga berlatih bertahun-tahun menjadi pemain sepak bola profesional. Al-Saadi bahkan pernah menimbang-nimbang untuk berinvestasi di Liverpool. Namun hal tersebut tak pernah terlaksana.

3 dari 6 halaman

Selanjutnya

2. Adolf Hitler

The Fuhrer-julukan Hitler-diklaim merupakan penggemar klub Schalke 04, juara Jerman neam kali ketika Hitler masih berkuasa. Akan tetapi saat pernyataan tersebut dimuat di Times, pernyataan tersebut dibantah kerabat dekat Hitler.

3. Benito Mussolini

Diktator fasis dari Italia ini merupakan penggemar setia klub sepak bola Bologna sejak tim ini pertama kali dibentuk pada tahun 1909. Mussolinilah yang meresmikan stadion Bologna dan berkata, Inilah contoh apa yang bisa dicapai dengan keinginan dan fasisme yang kuat."

4 dari 6 halaman

Selanjutnya

4. Josef Stalin

Penguasa Uni soviet ini adalah fans dari klub Dynamo Moscow. Klub tersebut didirikan oleh salah satu orang kepercayaan Stalin yang paling kuat dan ditakuti, Kepala KGB Lavrenty Beria. Dynamo Moscow pernah diisi oleh kebanyakn orang-orang KGM selama berpuluh-puluh tahun. Stalin yang sangat menganggap serius sepak bola, pernah murka dan membubarkan tim CSKA Moscow yang banyak menyumbang pemain untuk timnas gara-gara Uni Soviet kalah dari Yugoslavia pada tahun 1952.

5 dari 6 halaman

Selanjutnya

5. Jenderal Franco

Pmemimpin Spanyol yang fasis ini terkenal sebagai penggemar sejati Real Madrid. Ia bahkan menganggap klub tersebut bagian resmi dari rezim. Yang lucu adalah Franco justru awalnya adalah pendukung Atletico Madrid yang notabene saingan Real Madrid.

6. Radovan Karadzic

Diktator Bosnia ini adalah penggemar Inter Milan karena dua pemain Serbia pernah bermain di skuad tersebut, yakni Sinisa Mihajlovic dan Dejan Stankovic. Menurut cerita keponakannya, seewaktu dalam pelarian Karadzic sempat beberapa kali mengambil risiko ketahuan hanya demi menonton pertandingan Inter Milan.

6 dari 6 halaman

Selanjutnya

7. Osama bin Laden

Rumor mengatakan bahwa pemimpin Al-Qaeda ini menggemari Arsenal karena pernah menonton langsung beberapa pertandingan Arsenal saat mengunjungi Inggris pada tahun 1970-an. Ia juga dikabarkan membeli kaus replika Ian Wright untuk putranya. Fans the Gunners sampai-sampai membuat yel-yel spesial untuknya.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini