Sukses

9 Keanehan Orang Indonesia di Mata Orang Asing

Indonesia memang luar biasa kaya, dengan ribuan pulau yang memiliki budaya yang berbeda-beda.

Citizen6, Jakarta - Indonesia memang luar biasa kaya, dengan ribuan pulau yang memiliki budaya yang berbeda-beda. Beberapa tempat yang begitu mendunia keelokannya selain Bali dan Lombok adalah Raja Ampat Papua.

Indonesia juga populer dengan banyaknya gunung berapi yang masih aktif, penduduknya yang mayoritas muslim, badak bercula dan komodo yang hanya ada di Indonesia. Dan tentu saja jumlah penduduknya yang sekarang mencapai 237,6 juta, merupakan negara ke-4 terbesar di dunia.

Selain itu, ada hal-hal yang dianggap aneh atau unik oleh orang lain tentang Indonesia, beberapa di antaranya:

 

Video Pilihan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

1. Hujan

Di beberapa wilayah, khususnya Indonesia bagian barat, mempunyai dua musim yang sangat ekstrim. Di banyak wilayah Kekekeringan di musim kemarau dan banjir di musim hujan. Karena hujan, mayoritas orang Indonesia mandi dua kali sehari, pagi dan sore atau malam.

3 dari 10 halaman

2. Kaki Telanjang

Di wilayah-wilayah luar kota, banyak orang yang kemana-mana berjalan dengan kaki telanjang. Termasuk beberapa orang yang sedang mengangkut batu. Beberapa pekerja kantoran yang memakai sepatu, mereka ada yang menyimpan sepatunya dan mengganti sepatunya dengan sandal jepit ketika pulang.

Beberapa yang lain sepertinya tidak mengerti berapa ukuran sepatunya sendiri. Mereka memakai sepatu dengan ukuran yang lebih besar sehingga terkesan seperti badut.

4 dari 10 halaman

3. Trotoar

Semestinya trotoar dipakai untuk para pedestrian yang ingin menikmati pemandangan kota. Alih-alih memperoleh kenyamanan, para pejalan kaki malah akan menemukan trotoar yang ditanami pohon dalam pot-pot besar. Di banyak tempat, bahkan trotoar dipakai untuk pedagang kaki lima, tukang ojek bahkan oleh para musisi jalanan yang mengamen.

5 dari 10 halaman

4. Kolektor Sampah

Di kota-kota besar, sampah berserak di pinggir jalan atau di sungai. Membuang sampah pada tempatnya belum menjadi kebiasaan masyarakatnya. Ada beberapa pemulung sampah yang mencari botol plastik atau minyak atau yang lain untuk dipakai lagi atau didaur ulang. Sehingga kualitas kesehatan lingkungannya masih rendah. Belum lagi di tempat sampah banyak tikus yang berkeliaran.

6 dari 10 halaman

5. Menyeberang Jalan

Keberanian orang Indonesia memang mengagumkan. Para pekerja tanpa merasa bersalah menyeberang jalan di tempat-tempat yang dilarang. Bahkan mereka sering melanggar peraturan lalu lintas. Apalagi kalau mereka menyeberang jalan beramai-ramai. Padahal menyeberang jalan itu lebih berbahaya dibanding naik gunung.

7 dari 10 halaman

6. Pengemis

Begitu banyak pengemis dan gelandangan yang berkeliaran di kota-kota besar. Para pengemis beroperasi di bus, di tempat-tempat makan atau di pinggir-pinggir jalan. Bahkan ada yang mengemis di perempatan lampu merah. Tidak hanya orang dewasa yang menjadi peminta-minta, namun juga banyak anak-anak. Keberadaan mereka kadang sampai mengganggu.

8 dari 10 halaman

7. Musik Populer

Selera musik kebanyakan orang Indonesia memang terinspirasi dari musisi-musisi barat. Namun musisi lokal pun tetap eksis. Kebanyakan musik yang populer di Indonesia adalah lagu-lagu cinta, cengeng dan kadang lebih buruk dari itu.

JIka pergi ke tempat-tempat umum yang ramai, akan selau terdengar “cintaku.. cintaku… yang dinyanyikan oleh perempuan dengan tempo lambat.

9 dari 10 halaman

8. Jamu Herbal

Beberapa orang Indonesia meyakini khasiat jamu yang berasal dari tumbuh-tumbuhan, kadang juga dari hewan terutama yang masih tinggal di kampung-kampung. Misalnya untuk menyembuhkan sakit perut, mereka memakan daun jambu biji. Mereka juga percaya dengan tumbuhan yang disebut sarang semut yang dipercaya mempunyai khasiat tertentu. Dan masih banyak yang lainnya.

10 dari 10 halaman

9. Kuku Panjang

Ini hanya terjadi di wilayah pedalaman. Beberapa orang laki-laki, entah untuk alasan apa,mereka memelihara kuku-kukunya sampai panjang, terutama kuku jempol tangan. Padahal biasanya orang yang mempunyai kuku yang panjang dipakai untuk bermain gitar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.