Sukses

7 Ikan Paling Cantik di Muka Bumi

Ikan-ikan ini termasuk ikan-ikan paling cantik di dunia. Apa saja?

Citizen6, Jakarta Hewan peliharaan sesungguhnya tak hanya hewan-hewan darat seperti anjing dan kucing. Hewan air pun biasa dipelihara oleh beberapa orang yang menyukai keunikan dari hewan-hewan tersebut. Salah satu contohnya ikan hias. Ikan hias banyak dipelihara oleh beberapa orang yang tak ingin dipusingkan dengan suara gong-gongan atau suara-suara hewan darat lainnya yang berisik. Ikan juga cenderung lebih mudah dipelihara.

Tak heran, banyak orang yang menggelontorkan banyak uang demi memelihara ikan-ikan hias yang benar-benar cantik. Nah, tahukan Anda apa saja ikan-ikan yang paling cantik di dunia? Ini dia!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Selanjutnya

1. Rainbow Parrot Fish

Ikan cantik ini memiliki paruh yang kuat untuk memakan koral. Sisa hasil pencernaan dikeluarkan dalam bentuk kotoran berupa pasir. Pantai Carribea yang berpasir putih diduga merupakan hasil pencernaan ikan ini. Ikan eksotis ini terancam punah karena kerusakan habitat serta penangkapan berlebihan.

3 dari 8 halaman

Selanjutnya

2. Mandarin Fish

Matanya yang menonjol membuat ikan ini selintas terlihat seperti katak. Nama Mandarin berasal dari coraknya yang mirip jubah kaisar Cina. Ikan ini termasuk ikan yang pasif dan biasanya hidup di sekitar koral yang telah rusak atau mati. Makanan utamanya berupa cacing kecil, protozoa, serta isopod dan udang kecil. Ikan ini tidak memiliki sisik, sehingga melindungi tubuhnya dengan mengeluarkan cairan lengket dan licin.

4 dari 8 halaman

Selanjutnya

3. Clown Trigger Fish

Ikan lucu ini mempunyai corak putih berbentuk bulat di bagian bawah tubuhnya. Ikan ini memiliki habitat hidup sampai kedalaman 75 meter. Makanannya berupa kepiting, udang, ikan, dan cumi-cumi. Mulutnya dapat memecahkan cangkang kepiting maupun koral.

5 dari 8 halaman

Selanjutnya

4. Clown Fish

Ikan ini populer dalam film animasi “Finding Nemo.” Terdapat lebih kurang 28 jenis Clown Fish dengan beraneka ragam warna. Ikan menggemaskan ini biasa hidup di sekitar anemon. Mereka mendapat makanan dari sisa makanan yang tidak dicerna anemon. Ikan ini kebal terhadap racun anemon karena tubuhnya diselimuti lendir tebal.  

6 dari 8 halaman

Selanjutnya

5. Symphysodon Discus

Ikan ini banyak ditemukan di perairan sungai Amazon. Memeliharanya cukup sulit karena butuh air yang sangat bersih dan suhu yang tinggi. Makanannya pun haruslah hati sapi karena ikan ini merupakan ikan karnovora. Uniknya, ikan ini memiliki bentuk yang pipih dengan corak warna-warni.

7 dari 8 halaman

Selanjutnya

6. Juvenile Emperor Angelfish

Ikan ini populer di kalangan pecinta ikan hias dan fotografer bawah laut. Warna dari ikan ini berbeda tiap tahap umurnya. Saat masih muda, ikan ini memiliki warna biru tua dengan corak putih dan biru. Sedangkan sewaktu dewasa warna kuning dengan garis biru.

8 dari 8 halaman

Selanjutnya

7. Regal Tang Fish

Ikan ini juga muncul dalam animasi “Finding Nemo.” Untuk memelihara ikan ini tidak sulit hanya saja ikan ini membutuhkan air dengan kadar oksigen tinggi. Ikan ini yang tergolong omnivora ini dapat diberi makan berupa udang, rumput laut, plankton. Ikan ini tergolong aktif, sehingga sebaiknya disediakan akuarium yang cukup besar agar ia tidak stres.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini