Sukses

10 Maskapai Penerbangan Paling Aman di Dunia

Maskapai-maskapai penerbangan ini terkenal dengan keamanannya

Citizen6, Jakarta Hingga saat ini pesawat AirAsia QZ8501 masih dicari keberadaannya. Berbagai macam upaya dilakukan untuk menemukan kembali pesawat yang menerbangkan penumpang dari Surabaya menuju Singapura ini.

Mengingat banyaknya kecelakaan pesawat yang terjadi pada tahun 2014 ini, Anda pasti khawatir saat ingin menggunakan jasa maskapai penerbangan. Namun jangan takut, masih ada beberapa maskapai penerbangan yang terkenal akan minimnya kecelakaan yang terjadi. Berikut maskapai-maskapai penerbangan paling aman di dunia dilansir dari askmen.com

1. Cathay Pacific

Adalah maskapai penerbangan yang berbasis di Hong Kong. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1946. Kecelakaan fatal terakhir yang pernah dialami maskapai ini adalah pada tahun 1972. Saat itu, meski mengalami kecelakaan, lebih dari setengah penumpang selamat dan membuat Cathay Pacific menjadi salah satu penerbangan paling aman di dunia. Hingga kini perusahaan ini telah melayani lebih dari 100 tujuan di 36 negara yang berbeda. Pada tahun 2009, maskapai ini telah menerbangkan lebih dari 25 juta penumpang dengan aman ke berbagai tempat di dunia. Maskapai ini juga telah mendapat penghargaan Airline of the Year dari Skytrax pada tahun 2005.

2. TAP Portugal

Perusahaan penerbangan ini mengalami kecelakaan fatal terakhir kali pada tahun 1977. TAP Portugal mempertahankan catatan keamanan yang luar biasa dalam setiap penerbangannya. Tak heran, Paus Yohanes Paulus II memercayakan perjalanannya ke Portugal bersama maskapai ini pada tahun 1982. Hingga kini, TAP Portugal telah menerbangkan jutaan penumpang ke 30 negara berbeda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3-5

3. Aerolineas Argentinas

Meski maskapai ini sempat mengalami kebangkrutan pada tahun 1990-an, maskapai ini termasuk maskapai penerbangan teraman di dunia. Tahun 2008, pemerintah setempat membeli kepemilikan perusahaan. Sejak tahun 1970, tak pernah ada kejadian fatal terkait kecelakaan pesawat yang dialami maskapai ini. Hanya satu insiden makanan yang tercemar kolera pada tahun 1992 yang sempat menggemparkan publik Amerika Selatan.

4. Air New Zealand

Maskapai ini telah beroperasi sejak tahun 1965. Tujuan penerbangan maskapai yang satu ini mencakup ke seluruh dunia, sehingga Anda patut mempertimbangkan menggunakan jasa maskapai yang satu ini. Kecelakaan fatal terakhir terjadi pada tahun 1979 dan sejak saat itu, lebih dari 1,5 juta penerbangan telah berlalu tanpa korban jiwa. Maskapai ini secara teratur menerima penghargaan dari panel konsumen dan industri dan tiap tahunnya membawa 12 juta penumpang ke berbagai wilayah.

5. Aer Lingus

Meski bukanlah maskapai penerbangan yang besar, Aer Lingus telah menjadi maskapai penerbangan tertua yang masih beroperasi di Irlandia. Didirikan pada tahun 1936, maskapai ini menawarkan penerbangan ke Eropa, Afrika, dan Amerika Utara. Lebih dari 40 tahun sejak kecelakaan fatal terakhir terjadi. Hingga kini, Aer Lingus telah menerbangkan 10 juta penumpang tiap tahunnya.

3 dari 4 halaman

6-8

6. Finnair

Merupakan salah satu penerbangan tertua yang masih beroperasi, Finnair mencatat prestasi luar biasa. Tak pernah terjadi kecelakaan fatal pada pesawat-pesawat di maskapai ini selama 50 tahun terakhir. Maskapai yang berdiri sejak 1920 ini membawa penumpang 55 tujuan internasional di seluruh dunia.

7. Qantas

Meski pernah bermasalah dengan mesin mereka pada tahun 2008 dan 2010, Qantas mencatat sejarah penerbangan yang cukup baik sejak didirikan di Australia pada tahun 1920. Tercatat sebagai salah satu maskapai penerbangan tertua di dunia, Qantas telah menerbangkan 2,5 juta penumpang tiap tahunnya ke 44 negara yang berbeda. Kecelakaan fatal terakhir yang tercatat adalah pada tahun 1951. Skytrax pun sepakat menempatkan Qantas sebagai penerbangan terbaik di dunia.

8. All Nippon Airways (ANA)

ANA merupakan maskapai penerbangan terbesar kedua di Jepang. Maskapai ini telah membawa jutaan penumpang ke 35 negara berbeda sejak didirikan pada tahun 1952. Kecelakaan fatal terakhir tercatat pada tahun 1971. Selain terjamin dengan keselamatan penerbangan, maskapai yang satu ini juga tercatat konsisten dengan ketepatan waktunya. Hal ini membuat ANA memeroleh berbagai penghargaan internasional.

4 dari 4 halaman

9-10

9. Air Canada

Didirikan pada tahun 1936, Air Canada merupakan salah satu penerbangan yang paling aman di dunia. Maskapai ini mencatat 4.840.000 penerbangan tanpa insiden dengan kecelakaan fatal terakhir pada tahun 1983. Maskapai ini telah membawa lebih dari 35 juta penumpang setiap tahunnya ke 178 tujuan di dunia.

10. British Airways

Merupakan salah satu penerbangan tertua yang masih beroperasi dan juga salah satu yang terbesar, maskapai ini telah memcawa lebih dari 40 juta penumpang setiap tahunnya ke ratusan tujuan di dunia. Kecelakaan fatal terakhir tercatat pada tahun 1976.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6?. Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.