6 Tanggal Penting Terkait Hari HAM

Oleh Rina Nurjanah pada 10 Des 2014, 09:23 WIB
Diperbarui 10 Des 2014, 09:23 WIB
Aksi Peringatan 10 Tahun Pembunuhan Munir
Perbesar
Aksi ini dilakukan tepat satu hari sebelum peringatan hari ulang tahun pejuang hak asasi manusia (HAM) Munir Said Thalib, pada 8 Desember besok, Jakarta, Minggu (7/12/2014). (Liputan6.com/Miftahul Hayat)

Citizen6, Jakarta Setiap tanggal 10 Desember kita turut serta memperingati Hari HAM Sedunia. Tanggal 10 Desember itu sendiri merupakan tanggal Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia oleh Majelis Umum PBB pada tanggal 10 Desember 1948.

Pasca Deklarasi Universal HAM tersebut seluruh negara wajib untuk menjamin terpenuhinya hak asasi tersebut bagi seluruh warga negaranya tanpa membedakan warna kulit, ras, suku, dan agama. Sebelumnya, ada tanggal-tanggal peringatan yang cukup penting sebelum menyambut Hari HAM Sedunia, Check it Out:

2 dari 7 halaman

25 November

Stop Kekerasan Perempuan
Perbesar


1. 25 November
Tanggal tersebut adalah Hari Internasional untuk Penghapusan Kekerasan terhadap Perempuan. Tanggal ini dipilih sebagai penghormatan atas meninggalnya Mirabal Bersaudara (Patria, Minerva, & Maria Teresa) karena kedikatatoran rezim penguasa Republik Dominika ketika itu. Mirebal Bersaudara merupakan salah satu yang aktif dalam memperjuangkan demokrasi & keadilan serta menjadi simbol perlawanan.

Tanggal ini dipilih pertama kali pada Kongres Perempuan Amerika Latin yang pertama di tahun 1981 sebagai Hari Internasional untuk Penghapusan Kekerasan Terhadap Perempuan. Sampai saat ini kekerasaan terhadap perempuan masih ada baik berupa pelecehan, KDRT ataupun kekerasan dalam pacaran.

3 dari 7 halaman

1 Desember

Hari AIDS
Perbesar


2. 1 Desember
Dengan logo pita merahnya, 1 Desember menjadi Hari AIDS Sedunia dalam Konferensi Internasional Tingkat Menteri di tahun 1988. Tanggal 1 Desember ini menandai dimulainya kampanye tahunan dalam upaya penggalangan dukungan dan perencanaan program untuk pencegahan hingga pendidikan menyoal isu seputar AIDS.

Ingat ya yang kita cegah adalah penyebaran virusnya lho, bukan memusuhi atau menghindari Orang Dengan HIV/AIDS. Pengidap HIV AIDS pun berhak hidup sehat (ODHA).

4 dari 7 halaman

2 Desember

Stop Perbudakan
Perbesar

 

3. 2 Desember
Hari Internasional untuk Penghapusan Perbudakan diperingati setiap tanggal ini ketika diadopsinya Konvensi PBB mengenai Penindasan terhadap Orang-orang yang Diperdagangkan dan Eksploitasi terhadap Orang Lain.

Konvensi pada tahun 1949 ini menjadi tahapan selanjutnya dalam perlindungan terhadap manusia terutama mereka yang rentan seperti perempuan dan anak-anak. Bentuk perbudakan zaman sekarang mungkin bisa kita lihat semacam human trafficking dan eksploitasi seksual atau anak-anak yang memiliki beragam rupa kini.

5 dari 7 halaman

3 Desember

Hari Penyandang Cacat
Perbesar

 

4. 3 Desember
3 Desember menjadi Hari Internasional bagi Penyandang Cacat. Tanggal ini merupakan peringatan akan lahirnya Program Aksi Sedunia Bagi Penyandang Cacat yang diadopsi oleh PBB di tahun 1982.

Peringatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran kita semua mengenai penyandang cacat dalam segala aspek kehidupan. Karena ternyata banyak juga penyandang cacat yang berprestasi dengan keterbatasan mereka.

6 dari 7 halaman

5 Desember

volunteer day
Perbesar

 

5. 5 Desember
Di tanggal ini PBB mengajak seluruh dunia untuk mengadakan aktivitas sebagai rasa terima kasih kepada mereka yang telah mengabdikan hidupnya sebagai sukarelawan.

Pertama kali dilakukan di tahun 1985, tanggal 5 Desember ini ditetapkan sebagai Hari Internasional bagi Sukarelawan

7 dari 7 halaman

6 Desember

Hari HAM
Perbesar


6. 6 Desember
Di tahun 1989 terjadi pembunuhan massal di Universitas Montreal Kanada. Pembunuhan yang dilakukan oleh seorang pria ini menewaskan 14 Mahasiswi dan melukai 13 orang lainnya. Pembunuhan massal ini didasari kebencian si pria terhadap para feminis dan tokoh-tokoh perempuan terkemuka berdasarkan surat yang ditinggalkannya.

Tanggal-tanggal ini menjadi peringatan bagi kita untuk senantiasa memperjuangkan hak kita pun menjaga dan menghormati hak orang lain. Karena dibalik setiap hak juga ada kewajiban yang mengiringi, benar begitu?

Lanjutkan Membaca ↓