Sukses

Tanggapan Tweeple Soal Nikah Beda Agama

Kebanyakan dari menentang apabila pernikahan beda agama tersebut dilegalkan.

Citizen6, Jakarta Beberapa hari yang lalu, beredar kabar bahwa ada lima orang warga negara Indonesia yang menggugat UU Perkawinan, agar perkawinan antar agama dilegalkan.  Kelima pemohon tersebut salah satunya ialah mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI), dan yang lainnya merupakan alumnus dari kampus yang sama.

Kelima pemohon itu menganggap, hak konstitusional setiap orang berpotensi dirugikan oleh UU Perkawinan. Hal tersebut bisa terjadi karena menurut mereka, kita tidak akan tahu kita akan menikah dengan orang yang  beragama apa nanti.

Menurut Komisioner Komisi Nasional (Komnas) HAM, Maneger Nasution, uji materil ke Mahkamah Konstitusi (MK) mengenai pernikahan beda agama bertentangan dengan Pancasila dan Konstitusi UUD 1945. Maneger juga mengatakan, apabila gugatan itu dikabulkan sama artinya negara tidak menjamin warganya menjalankan hukum agama yang mereka anut.

Melihat isu ini, para tweeple juga ikut angkat bicara. Kebanyakan dari menentang apabila pernikahan beda agama tersebut dilegalkan. Seperti postingan dari akun @Sulaiman_Thahyr berikut “Sah tidaknya nikah itu bkn dari negara, tapi dari agama. Islam dan sy kira agama lain pun tak mengajarkn nikah beda agama, itu gila.”

Postingan lainnya turun dari akun @poetradalimoe “Legalistas Nikah Beda Agama ? " INI INDONESIA SIS ", coba belajar dulu tentang Hukum Adat, Hukum Agama, sama Hukum Perdatanya.”

Atau ada juga yang lebih memilih untuk membicarakan masalah BBM daripada persoalan nikah beda agama, seperti yang diutarakan oleh akun @dwihastomo “Lagipula, bagi saya lebih penting memikirkan soal krisis listrik dan kenaikan BBM bagi rakyat kelas bawah daripada nikah beda agama.”

Menikah beda agama, bagaimana menurut Anda?

Penulis: Ike Nurjanah
Facebook    : Ikee Nurjanah
Twitter     : @ikeeikukk

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini