Potensi Kekayaan Alam Banjar Memikat Emirat Arab

Oleh Liputan6 pada 25 Agu 2014, 18:07 WIB
Diperbarui 25 Agu 2014, 18:07 WIB
Potensi Kekayaan Alam Banjar Memikat Emirat Arab
Perbesar
Berdasarkan data terakhir, UEA berada di peringkat 21 dalam daftar peringkat realisasi investasi di Indonesia.

Citizen6, Banjar Kekayaan alam dan perkembangan pesat pembangunan di Kabupaten Banjar saat ini memikat banyak investor dalam dan luar negeri. Baru-baru tadi Bupati Banjar Khairul Saleh menerima surat dari kedutaan besar Republik Indonesia di Uni Emirat Arab (UEA) dalam menjajaki potensi kerjasama  dan investasi bidang ekonomi antara wilayah Banjar dan salah satu negara penghasil minyak terbesar di dunia itu.

Dalam keterangan suratnya tertanggal 14 Agustus ditandatangani Salman Al Farisi Duta Besar RI untuk Uni  Emirat Arab, pihak Kedubes RI mengatakan penjajakan kerjasama antara Banjar dan UEA merupakan tindak lanjut hubungan baik di bidang ekonomi dan diplomatik yang sangat erat antara kedua negara sejak tahun 1976. Kerjasama antara RI dan UEA sangat erat baik menyangkut isu regional, bilateral dan internasional.

Diinformasikan bahwa kerjasama perdagangan tahun 2013 bernilai USD 3,3, angka ini meningkat pesat dibandingkan nilai perdagangan pada tahun sebelumnya yang hanya USD 192,2 yang tersebar dalam 12 proyek dengan angka realisasi USD 32.35. Berdasarkan data terakhir, UEA berada di peringkat 21 dalam daftar peringkat realisasi investasi di Indonesia.

Angka yang dibicarakan diatas, memang belum menggambarkan seluruh potensi kerjasama antara UEA dan Indonesia.  Oleh karena itulah menurut Salman Alfarisi Dubes RI yang berkantor di Abu Dhabi, pihaknya mencoba menjembatani dan mengkomunikasikan peningkatan potensi kerjasama dengan Indonesia khususnya  dengan Kabupaten Banjar sebagai salah satu daerah terpesat dalam pembangunan di Kalsel.

Sementara itu Bupati Banjar Sultan H Khairul Saleh menyambut gembira rencana kedatangan Dubes UEA bersama rombongan calon investor dari Abu Dhabi ke Martapura. Bupati mengharapkan jalinan kerja sama ini dapat terjalin sinergi dengan potensi ekonomi di Kabupaten Banjar.



Disclaimer:


Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan artikel, foto atau video seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya keCitizen6@liputan6.com

Mulai 14 -30 Agustus Citizen6 mengadakan program Menulis Bertopik ke-16: Merdeka ala Anak Gaul berhadiah. Info detail di sini.