Sukses

LIPI Beri Pelatihan Biogas Kepada Peternak MTN

Sepanjang 2014, MTN telah menyalurkan 534 domba untuk 89 peternak di lima daerah binaan MTN

Citizen6, Jakarta LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) bekerja sama dengan MTN (Masyarakat Ternak Nusantara) beri pelatihan biogas kepada 15 peternak MTN. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan limbah dari kotoran hewan dapat dimanfaatkan sebagai energi alternatif ramah lingkungan pengganti minyak tanah, LPG, batu bara, maupun bahan-bahan lain yang berasal dari fosil.

Yanta, Supervisor Masyarakat Ternak menuturkan bahwa setelah kegiatan ini para peternak akan mengembangkan ilmu yang telah diajarkan di rumah masing-masing. “Para peternak sangat antusias hingga mereka tertarik menerapkannya di rumah,” tutur Yanta, Kamis (19/06).

Peralatan dan bahan yang digunakan dalam pelatihan ini sangat sederhana yaitu dua ember, kotoran domba, air serta EM4. Dikutip dari Yose Rizal, perwakilan LIPI Subang saat mengisi pelatihan di kampung Cilangkap Desa Manyeti Kecamatan Dawuan, Kabupaten Subang mengatakan, “Meski dengan peralatan sederhana serta masih skala kecil, jika masyarakat sungguh-sungguh memanfaatkannya, maka biogas ini kedepannya dapat membantu meringankan kebutuhan peternak akan sumber energi,” ujarnya.

Sepanjang 2014, MTN telah menyalurkan 534 domba untuk 89 peternak di lima daerah binaan MTN, yaitu Subang, Lembang, Garut, Tasikmalaya dan Oraytapa. Domba tersebut terdiri dari 89 jantan dan 445 betina.

MTN bergerak dalam bidang agropreneur yang memberikan pendampingan dan pelatihan bagi para peternak lokal serta membuka akses pemasaran hewan ternak baik dalam maupun luar negeri. Bekerja sama dengan para mitra swasta dan pemerintah, MTN berupaya untuk menghasilkan hewan-hewan ternak kualitas terbaik.

Pengirim:

Sari Asih Rahmawati
@sayasih

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini