Sukses

Mahasiswa Undip Peduli Kesehatan Tulang dan Gigi

Salah satu cara untuk tetap memiliki tubuh yang sehat dan kuat adalah dengan mencukupi konsumsi kalsium

Citizen6, Semarang Begitu banyak cara untuk memiliki tubuh yang sehat dan kuat dalam mendukung aktivitas kita sehari-hari. Dari berbagai macam “resep” hidup sehat yang disajikan oleh para ahli, hingga yang paling diyakini manjur khasiatnya, yaitu menjalani pola hidup yang seimbang.

Salah satu cara untuk tetap memiliki tubuh yang sehat dan kuat adalah dengan mencukupi konsumsi kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, tingkat kesadaran masyarakat Indonesia tentang pentingnya mengkonsumsi makanan dan minum berkalsium, sangat rendah rendah. Susu, bahan makanan dan minuman yang merepresentatifkan kalsium, malah kurang bersahabat dengan masyarakat Indonesia.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Compass Research tahun 2013, tingkat konsumsi susu Indonesia jauh rendah dibanding dengan negara-negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura. Indonesia memiliki tingkat konsumsi susu sebesar 13,47 liter/kapita sedangkan Malaysia sebesar 53,52 liter/kapita.

Berangkat dari hal itulah sekelompok mahasiswa program studi Hubungan Masyarakat Universitas Diponegoro menggelar kampanye kesehatan yang bertajuk 'Calcium for Life’ di SMAN 10 Semarang. Bekerjasama dengan perusahaan susu HiLo, kampanye tersebut merupakan rangkaian kegiatan yang sudah dilakukan sejak awal Mei 2014.

Selasa, 17 April 2014, panitia menyelenggarakan Kompetisi Futsal. Kompetisi Futsal tersebut diikuti oleh kelas-kelas dari SMAN 10 Semarang. Selain itu, di tengah-tengah kompetisi, dua pemain PSIS Semarang, Fauzan Fajri dan Julio Alcorse. Mereka turut memeriahkan kegiatan di hari kedua tersebut dengan kegiatan coaching clinic.

“Kami sengaja mengundang dua atlet sepak bola ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini untuk menginsipirasi teman-teman bahwa selain latihan dan usaha yang keras, konsumsi makanan dan minuman pun perlu dicukupi kandungan gizinya. Apalagi soal makanan dan minuman yang mengandung kalsium. Bisa kita lihat, Fauzan dan Julio punya badan tinggi,” ungkap Cici.

Setelah coaching clinic, Fuzan dan Julio mengajak siswa-siswi minum susu. Kegiatan minum susu massal itu dilaksanakan di tengah lapang yang akan melibatkan 200 siswa dari SMAN 10 Semarang. “Bagi saya, susu sangat penting. Apalagi bagi kita yang sedang dalam masa pertumbuhan,” ungkap Fauzan yang juga kapten PSIS Semarang tersebut.

Pengirim:

Gerry Maulana

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.