6 Kartini Masa Kini Versi 6Lovers

Oleh Karmin Winarta pada 21 Apr 2014, 13:35 WIB
Diperbarui 21 Apr 2014, 13:35 WIB
bueen-dikunjungir-130605c.jpg
Perbesar
Bu Een saat menerima kunjungan dari staf pengajar SDN 03 Dusun Cibeureum Wetan. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Citizen6, Jakarta Kartini, nama ini sudah ditetapkan sebagai pahlawan nasional sejak 50 tahaun lalu, tepatnya 2 Mei 1964, sesuai surat keputusan Presiden Republik Indonesia.

Namun sampai sekarang ada beberapa orang yang mempermasalahkan.  Karen banyak pahlawan perempuan seperti Dewi Sartika, Kristina Martha tiahahu, Cut Nya Din dan lain-lain hari lahirnya tidak diperingati sebagai hari besar nasional.

Perjuangan menuntut kesetaraan dengan laki-laki menginspirasi  perempuan Indonesia. Sekarang banyak figur perempuan yang prestasinya setara atau bahkan melebihi laki-laki. Kalau kita tengok , banyak perempuan di sekililing kita yang bisa dengan bebas berprestasi di semua level. Mulai dari presiden, direktur, para pebisnis dan banyak profesi lainnya.


Siapa perempuan Indonesia sekarang yang bisa disejajarkan dengan Kartini yang memperjeuangkan sesuatu untuk kaumnya, komunitasnya atau dirinya? Ketika pertanyaan itu dilemparkan ke pembaca  Citizen6 liputan6 via @citizen6_, muncul  beberapa nama, berikut 6 diantaranya

1.    Een Sukaesih,
Menurut @yusuffftdotcom, Ibu Een,  walaupun beliau lumpuh, namun dia tetap mau mengajar murid-muridnya di rumahnya. Perempuan yang tinggal di Dusun Batukarut, RT01 RW 06, Desa Cibereum Wetan, Cimalaka, Sumedang, Jawa Barat ini tidak memungut biaya.

Karena dedikasinya Ibu Een memperoleh beberapa award:  Dompet Dhuafa Award 2010,  Education Award dari Bank Syariah Mandiri (BSM), lalu dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Kartini Award 2012 dan Tupperware She Can! untuk karya inspiratifnya dan Inspiring Award dari Liputan 6.

2. Agnezmo

Melalui aku twitternya @RobbyAlfastar memilih @agnezmo karena Agnes menginspirasi perempuan indonesia untuk bisa berkarya ke luar negeri. Penyanyi enerjik ini baru-baru ini mengeluarkan singlenya Coke Bottle ft. Timbaland
 
3. Maudy Koesnaedi

Menurut perempuan biker @MiraGowes, perempuan sekarang yang setara dengan Kartini adalahh Maudy Koesnaedi. Maudy yang punya akin twitter @mpokmod ini menurut Mira sukses di karier namun tetap mengutamakan keluarga dan kecintaan yang begitu besar terhadap budaya Indonesia.

 
4. Anne Avantie

@ArgaPradipta, laki-laki yang menyukai musik punk ini lebih memilih Anne Avantie sebagai perempuan Indonesia yang setara dengan Kartini. Menurutnya, kegagalan masa lalu Anne tidak membuatnya jatuh. Perempuan itu malah bangkit dan mampu membuat kebaya menjadi  go international 

5. Tri Rismaharini (Walikota Surabaya)

Tidak keliru jika @Utamiwulandari memilih Tri Rismaharini, perempuanyang saat ini menjabat Walikota Surabaya itu dengan segala prestasi yang dihasilkannya sukses membangun kota Surabaya. Kiprah Bu Risma, panggilan akrabnya ini mengantarkannya memperoleh Socrates Award dengan titel Innovative City of the Future di London.

6. Para Tenaka Kerja Wanita (TKW)

Kartini masa kini bukanlah seorang sosok perempuan. Menurut @JuitaMahadani1  kartini masa kini itu adalah para TKW berketrampilan yang rela meninggalkan suami dan anaknya, kembali ke kampung halaman menyejahterakan masyarakat di sekitarnya.

Menurut kalian, siapa perempuan Indonesia saat ini yang bisa mewakili Kartini masa kini?


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com

Mulai Selasa, 15 April 2014 sampai dengan 25 April 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan tema "Kenapa Suka Spider-Man?". Ada 10 tiket nonton premier The Amazing Spider-Man 2 untuk 5 orang pemenang. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.  Program menulis bertopik kali ini disupport oleh @sonypicturesID

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya