Pemuda Indonesia Deklarasikan Kemajuan IPTEK

Oleh Maria Flora pada 11 Mar 2014, 08:40 WIB
Diperbarui 11 Mar 2014, 08:40 WIB
Pemuda Indonesia Deklarasikan Kemajuan IPTEK
Perbesar
Deklarasi ini merupakan bagian dari agenda "Indonesian Intelectual Summit" pada ajang Gebyar Inovasi Pemuda Indonesia (GIPI) II.

Citizen6, Yogyakarta Ribuan pemuda Indonesia dari berbagai penjuru berkhidmat di gedung Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada (UGM) deklarasikan pembangunan bangsa melalui ilmu pengetahuan dan tekhnologi.

Deklarasi ini merupakan bagian dari agenda "Indonesian Intelectual Summit" pada ajang Gebyar Inovasi Pemuda Indonesia (GIPI) II yang berlangsung sejak 7 Maret 2014 sampai 9 Maret 2014.

Masyarakat Ilmuwan dan Tekhnolog Indonesia (MITI), Himpunan Mahasiswa Pascasarjana (HMP) UGM dan Gama Cendekia (GC) UGM yang memprakarsai acara tersebut.

Adapun yang terlibat  langsung dalam mengawal pembacaan deklarasi yakni Mahfud Al Huda dari MITI, Yudi Adityawarman dari Ikatan Alumni Beasiswa Habibie, I Made Andi dari Diaspora Indonesia, dan Zulham Effendi dari Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia.

Pembacaan disaksikan langsung oleh Wakil Ketua DPR RI Sohibul Iman, Ketua Umum MITI Dr Warsito P Taruno, Ketua GIPI II Prio Santoso, jajaran Kemenristek RI, dan kalangan civitas akademika UGM.

Berikut naskah deklarasinya:

1. Bahwa Pendayagunaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Indonesia menjadi prioritas utama dari seluruh kalangan yang bergerak di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dalam upaya meningkatkan daya saing bangsa di dunia internasional.

2. Bahwa peningkatan potensi Indonesia melalui penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi berbasis Riset menjadi agenda bersama semua kalangan dalam upaya mendukung program pemerintah.

3. Bahwa dalam rangka mewujudkan semua program pembangunan bangsa Indonesia melalui ilmu pengetahuan dan teknologi dibutuhkan peningkatan hubungan kemitraan strategis dan komunikasi efektif dalam informasi dan jaringan yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.

4. Bahwa kami bersepakat untuk bersama melakukan upaya dalam peningkatan kemampuan Sumber Daya Manusia di Indonesia melalui program kerjasama strategis antar semua aktor penggerak pembangunan dan peningkatan kapasitas manusia Indonesia.

5. Bahwa dengan ridho Tuhan Yang Maha Kuasa serta dukungan seluruh rakyat Indonesia yang menginginkan terwujudnya sebuah perubahan serta didorong oleh semangat untuk selalu memperjuangkan aspirasi dan suara rakyat, maka pada hari ini kami berkumpul untuk  menyatakan diri, menyatukan langkah dan mendeklarasikan deklarasi pemuda Indonesia dalam pembangunan bangsa melalui Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. (Mar)

Penulis
Nasrul Haq
Yogyakarta, nasrulhaxxx@gmail.com

Baca juga:

Pentingnya Original Reference dalam Penyusunan Karya Ilmiah
#BiologiPeduli: Bagikan 1000 Masker Gratis
Professor University of Glasgow Beri Kuliah di UGM

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.
 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya