Sukses

[Pekerjaan Impian] Bekerja di Dunia Pertanian

Indonesia merupakan negeri yang kaya akan sumber daya alam dan sumber daya manusianya.

Citizen6, Jakarta Indonesia merupakan negeri yang kaya akan sumber daya alam dan sumber daya manusianya. Namun, sangat disayangkan, kekayaan alam serta keberadaan masyarakat Indonesia yang cukup banyak itu belum mampu memberikan wajah berseri bagi persoalan pertanian dalam negeri.  Impianku ingin melihat desa-desa di Indonesia maju dan bisa swadaya memenuhi kebutuhan-kebutuhan warganya.

Akhirnya, kuputuskan untuk mengambil kuliah di salah satu Universitas Negeri ternama di Indonesia yang mengusung pertanian dalam kurikulum pendidikannya. Universitas ini didirikan Presiden pertama Indonesia, Ir Soekarno dengan harapan mampu melahirkan generasi-generasi muda yang peduli dan mampu meningkatkan potensi pertanian bangsa Indonesia. Universitas itu adalah Institut Pertanian Bogor.

Cita-cita dan harapan sedari awal kuliah hingga lulus pun berusaha saya pertahankan. Saya selalu tertarik dengan kehidupan sosial dan masyarakat, meski latar belakang studiku adalah Peternakan. Jiwa sosial kemasyarakatan itu terbentuk ketika mengenyam pendidikan di IPB. Kultur budaya di IPB yang ramah, membawa saya menjadi orang yang sangat peduli dengan kehidupan sosial.

Kegiatan beasiswa berupa bakti sosial, kegiatan sukarela menjadi salah satu pengurus Paguyuban Beasiswa Karya Salemba Empat pun tidak saya tinggalkan. Semua semata-mata karena ingin memberikan yang terbaik bagi mereka yang masih membutuhkan uluran tangan, meskipun saya sendiri masih dalam kondisi yang sama, keterbatasan.

Namun, justrtu semangat berbagi, semangat saling membantu dan semangat terus bermanfaat bagi sesama itulah yang membuat hidupku semakin bermakna. Impianku adalah ingin bekerja dengan tetap bertahan di dunia Pertanian. Kini, aku bekerja di sebuah Yayasan, Yayasan Bina Desa Indonesia namanya.

Yayasan ini berusaha melahirkan pemuda yang peduli dan cinta pada dunia pertanian, sehingga lahirlah Program Indonesia Bangun Desa untuk mewujudkan cita-cita tersebut. Keberadaanku di program ini, aku menjadi salah satu agen yang turut serta membentuk sebuah rencana bagaimana membuat sebuah program pembinaan bagi para pemuda agar bisa kembali mencintai pertanian di negerinya. Tak hanya cinta pada pertanian, namun semangat berbisnis di dunia pertanian juga harus terbentuk setelah mengikuti program ini.

Inilah pekerjaanku, pekerjaan impianku, pekerjaan yang tetap mengusung cita-cita besar demi bangsanya, pekerjaan yang menjunjung tinggi harapan mulia dengan mengajak serta para pemuda Indonesia lulusan sarjana untuk kembali ke desa dan membangun pertaniannya. (Mar)

Penulis
Ratna Yunita Handayani
Bogor, ratnxxx@gmail.com
Twitter: @RatnaYunitaH

Baca juga:
[Pekerjaan Impian] Memotret Superstar dari Balik Panggung
[Pekerjaan Impian] Fotografer Liga Inggris, Antara Impian dan Harapan
[Pekerjaan Impian] I'm a New Yorker Wannabe


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai Kamis, 20 Februari 2014 sampai dengan 6 Maret 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan "Pekerjaan Impian". Ada merchandise eksklusif dari Liputan6.com bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini