Sukses

[Pekerjaan Impian] Berdayakan Anak Jalanan Lewat Pentas Seni

Social Entrepreneurship adalah sebuah kegiatan kewirausahaan untuk pemberdayaan masyarakat.

Citizen6, Jakarta Social Entrepreneurship adalah sebuah kegiatan kewirausahaan untuk pemberdayaan masyarakat sehingga masalah-masalah yang ada dimasyarakat dapat selesaikan atau diminimalisir dengan cara menciptakan sebuah inovasi atau peluang. Kegiatan ini bukan hanya mencari keuntungan, namun lebih mengutamakan nilai sosial.

Saat ini, masih banyak masyarakat kecil dan kurang mampu yang belum tersentuh oleh pemerintah. Mereka memiliki kualitas hidup yang rendah. Penghasilan dari pekerjaan yang dimiliki mungkin untuk biaya makan sehari-hari saja masih kurang, apalagi untuk kebutuhan lain seperti sekolah. Tak jarang anak-anak kecil yang semestinya sekolah, harus mengamen untuk membantu orangtuanya mencukupi biaya hidup.

Ketertarikan saya dalam bidang ini  setelah mengikuti kegiatan One Care For Friend (OREN) yang dilaksanakan oleh fakultas. Kegiatan ini membuat saya menyadari ternyata anak-anak jalanan memiliki potensi musik yang luar biasa. Sayang apabila potensi mereka tidak dikembangkan dan hanya mengamen saja.

Oleh karena itu, Social Entrepreneurship yang ingin saya laksanakan adalah Pentas Seni Anak Bangsa Indonesia (PESABI). Dengan membeli sebuah lahan yang luas, nantinya akan dibangun sebuah rumah seni untuk PESABI di Kota Semarang.

PESABI terdiri dari pertunjukan tarian serta seni musik khas Indonesia. Semua kegiatan tersebut melibatkan anak-anak jalanan yang telah dilatih dan dibekali sebelum melakukan pertunjukan. Berbagai tarian dan lagu khas daerah dengan alat musik tradisional akan ditampilkan kepada para wisatawan. Mereka akan melihat betapa menakjubkannya anak Bangsa Indonesia ini dengan potensi seni yang mereka miliki.

Selain itu, akan diadakan pula kegiatan les musik dan menari tradisional. Di sini peserta les nantinya akan belajar memainkan alat musik atau tarian tradisional sesuai dengan minat. Para anak jalanan yang sudah berkompeten akan menjadi tenaga pengajar pada kegiatan les ini. Melalui PESABI ini saya harap para anak jalanan dapat sekolah dan kesenian Bangsa Indonesia semakin dikenal wisatawan dan masyarakat. (Mar)

Penulis
Mergina Octavia
Semarang, merginactavia@gmail.com

Baca juga:
[Pekerjaan Impian] Memotret Superstar dari Balik Panggung
[Pekerjaan Impian] Fotografer Liga Inggris, Antara Impian dan Harapan
[Pekerjaan Impian] I'm a New Yorker Wannabe

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai Kamis, 20 Februari 2014 sampai dengan 6 Maret 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan "Pekerjaan Impian". Ada merchandise eksklusif dari Liputan6.com bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini