Sukses

[Pekerjaan Impian] Promotor Untuk Mengembangkan Industri Musik

Promotor konser musik secara sederhana didefinisikan sebagai pekerjaan yang menampilkan aksi musisi kepada penonton dengan bantuan sponsor.

Citizen6, Jakarta Promotor konser musik secara sederhana didefinisikan sebagai pekerjaan yang menampilkan aksi musisi kepada penonton dengan bantuan dana dari sponsor.

Penjualan fisik album dari musisi di era digital ini sulit diharapkan. Untuk memenuhi pundi-pundi materinya mereka mencari pemasukan lewat konser, penjualan merchandise, dan kegiatan promo lainnya, seperti menjadi endorser alat musik. Promotor tidak hanya membantu artis dalam urusan materi, tapi promotor juga menjadi penyambung idieologi bermusik yang dibawakan oleh musisi tersebut kepada penonton.

Promotor memainkan peran penting dalam perkembangan industri musik di suatu negara. Lewat promotor sebuah karya dari para musisi dapat dinikmati dengan begitu jelas dan menciptkan interaksi dengan para penikmatnya.

Promotor tidak sebatas menghadirkan musisi mancanegara ke dalam negeri, tapi yang lebih penting bagaimana promotor dapat menjadi penggerak dalam atmosfir bermusik di tiap daerah di Indonesia. Promotor juga membangun sebuah sistem untuk para musisi agar mereka tumbuh kuat dan jika teruji kualitasnya maka invasi ke luar negeri tidak lagi menjadi impian.

Tak sedikit musisi atau band internasional yang mengawali karirnya dari "gigs bawah tanah". Sebut saja Green Day.  Dua puluh tahun yang lalu dunia belum mengenal mereka. Band ini dulunya masih berjuang memainkan musiknya di cafe, bar, pub, dan tempat-tempat lain yang tidak ada barikade yang membatasinya dengan penonton.

Konser itu, baik dalam skala kecil maupun besar merupakan andil dari promotor. Oleh karena itu saya ingin menjadi promotor dengan harapan bisa membahagiakan orang dengan suguhan musik secara langsung, menjadi jembatan bagi sponsor untuk usaha merketingnya, serta yang tak kalah penting bagi perkembangan industri musik Indonesia. (Mar)

Penulis
Welo Wungkar Yugiswara
Surabaya, w_loxxx@yahoo.co.id

Baca juga:
[Pekerjaan Impian] Guru, Profesi yang Selalu Menginspirasi
[Pekerjaan Impian] Berkarir di Google
[Pekerjaan Impian] Menjadi Dietisien untuk Kemajuan Negeri

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai Kamis, 20 Februari 2014 sampai dengan 6 Maret 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan "Pekerjaan Impian". Ada merchandise eksklusif dari Liputan6.com bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.