Sukses

[Pekerjaan Impian] Menjadi Dietisien untuk Kemajuan Negeri

Seberapa pentingkah peran seorang ahli gizi?

Citizen6, Jakarta Profesi ahli gizi merupakan profesi yang tidak semua orang mengetahuinya. Profesi ini masih terdengar awam di kalangan masyarakat kita. Tidak banyak yang tahu bahwa untuk menjalankan pola makan yang sehat dan bergizi serta berimbang sesuai dengan kebutuhan setiap individu diperlukan peran seseorang yang ahli di bidangnya.

Lalu, seberapa pentingkah peran seorang ahli gizi? Perlu kita sadari saat ini, masalah gizi di negeri ini semakin meningkat setiap tahun. Beban masalah gizi pun ternyata tidak hanya perihal kekurangan gizi, tetapi juga kelebihan gizi. Banyak fakta di lapangan, masalah gizi ganda (kelebihan dan kekurangan gizi) mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Bagi negara maju, seperti AmerikaSerikat, masalah gizi lebih(overweight dan obesitas) terus meningkat, sedangkan bagi negara berkembang seperti Indonesia, masalah gizi kurang dan gizi lebih dirasakan mengalami peningkatan di keduanya.

Untuk itu, disinilah peran seorang ahli gizi sangat diperlukan di dalam masyarakat untuk membantu memperbaiki status gizi dan kesehatan, terutama melalui berbagai upaya preventif (pencegahan) dan kuratif (penyembuhan).

Seorang ahli gizi akan memberikan informasi dan pengetahuan seputar gizi untuk memperbaiki pola hidup masyarakat secara umum melalui konseling dan penyuluhan.

Selain itu, seorang ahli gizi juga akan menyarankan bagaimana memilih makanan yang aman, sehat, dan bergizi untuk dikonsumsi sehingga tidak hanya mengenyangkan tetapi juga menyehatkan. You’re is what you eat.

Sehat dan bugar tidaknya tubuh kita sangat ditentukan oleh asupan makanan. Let food be your medicine! Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati. Agar terhindar dari berbagai penyakit, baik itu penyakit infeksi, penyakit akibat malnutrisi maupun penyakit degeneratif, hendaklah kita memperhatikan pola konsumsi kita sehari-hari.

Melalui ahli gizi, kita tahu berapa jumlah kalori yang diperlukan oleh tubuh kita dan berapa kandungan zat gizi protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Selain itu, kita juga tahu bagaimana menerapkan pola hidup sehat, mengetahui jenis dan intensitas olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh dan status gizi setiap individu. Apabila kita bisa menerapkan pola konsumsi dan pola hidup sehat, kita menjadi tidak mudah sakit, dan tidak terlalu bergantung pada jasa dokter serta tanpa perlu mengkonsumsi obat-obatan berbahan kimia yang umumnya memiliki efek samping terhadap kesehatan.

Oleh karenaitu, begitu pentingnya peran ahli gizi dalam membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia sehingga diperlukan dukungan pada profesi ahli gizi (dietisien). (Mar)

Penulis
Dian WidyaPutri (Mahasiswa EkologiManusia, InstitutPertanian Bogor (IPB)
Twitter: @dianwidyaputri1
Bogor, dianwidyapuxxx@ymail.com

Baca juga:


Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai Kamis, 20 Februari 2014 sampai dengan 6 Maret 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan "Pekerjaan Impian". Ada merchandise eksklusif dari Liputan6.com bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini