Sukses

[Pekerjaan Impian] Jurnalis yang Mempunyai Reputasi Dunia

Mencari informasi, merangkainya dalam kalimat dan menginformasikan pada khalayak merupakan pekerjaan yang tak mudah tetapi menyenangkan.

Liputan6.com, Bogor Mencari informasi, merangkainya dalam sebuah kalimat dan menginformasikan pada khalayak merupakan pekerjaan yang tidak mudah tetapi sangat menyenangkan.

Bagaimana tidak? Ketika informan yang kita butuhkan sulit sekali untuk ditemui atau bahkan ketika kita sudah pulang ke rumah tiba-tiba ada berita yang harus kita kejar saat itu juga. Tapi dari situlah keunikan seorang jurnalis, pantang menyerah dan berusaha keras untuk berita yang mungkin bermanfaat ketika disampaikan kepada khalayak umum.

Mengenai profesi jurnalis, Fitriya mengaku tidak memiliki dasar pendidikan di bidang tersebut, bahkan prodi kuliah yang diambilnya tidak ada hubungannya dengan jurnalis. Karena saat ini ia sedang menempuh pendidikan di bidang kesehatan.

Mungkin terdengar aneh dan banyak yang bertanya,"lalu untuk apa ilmu yang kamu dapatkan saat ini, jika cita-cita mu menjadi seorang jurnalis?".  Fitriya pun menjawab,"Saya yakin ilmu ini akan tetap bermanfaat".

Lalu bagaimana ia belajar mengenai jurnalis? Fitriya meyakini, bahwa dirinya bisa belajar tentang jurnalis kapan pun yang ia mau. Mulai dari pelatihan menulis yang diadakan di kampus, mengikuti lomba penulisan artikel, dan menghadiri workshop kepenulisan.

"Hal tersebut setidaknya dapat mengasah kemampuan saya di bidang jurnalis," katanya.

Menjadi jurnalis internasional merupakan impian terbesarnya. Karena menurut Fitriya jurnalis itu merupakan sebuah kebebasan. Kebebasan untuk berekspresi, bercerita, dan kebebasan untuk mengungkapkan betapa luasnya dunia ini. Berkeliling dunia untuk mendapatkan sebuah informasi, pengalaman baru, tempat yang baru dan bertemu orang-orang dengan budaya yang berbeda ingin dilakukannya jika ingin menjadi seorang jurnalis international. (Mar)

Penulis:
Fitriya Yuli Astanti
@fitriyayuli

*) Foto diambil dari httpsweeetmidnightblue.wordpress.com oleh Fitriya Yuli Astanti

Disclaimer:

Citizen6 adalah media publik untuk warga. Artikel di Citizen6 merupakan opini pribadi dan tidak boleh menyinggung SARA. Isi artikel menjadi tanggung jawab si penulisnya.

Anda juga bisa mengirimkan link postingan terbaru blog Anda atau artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas, kesehatan, keuangan, wisata, kuliner, gaya hidup, sosial media, dan lainnya ke Citizen6@liputan6.com.

Mulai Kamis, 20 Februari 2014 sampai dengan 6 Maret 2014, Citizen6 mengadakan program menulis bertopik dengan "Pekerjaan Impian". Ada merchandise eksklusif dari Liputan6.com bagi 6 artikel terpilih. Syarat dan ketentuan bisa disimak di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.