Sukses

Deretan Hoaks Seputar Wapres Ma'ruf Amin, Simak Faktanya

Wakil Presiden Ma'ruf Amin kerap menjadi sasaran hoaks. Hoaks ini muncul dalam beragam tema.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin kerap menjadi sasaran hoaks. Hoaks ini muncul dalam beragam tema.

Lalu apa saja hoaks terkait Wapres Ma'ruf Amin terbaru? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Ma'ruf Amin Imbau Warga Miskin Banyak Sedekah Agar Tak Undang Bencana

Beredar di media sosial postingan yang menyebut artikel berjudul "Ma'ruf Amin himbau warga miskin terpencil banyak sedekah biar tak ngundang bencana". Postingan itu beredar sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 8 Desember 2022.

Dalam postingannya terdapat artikel berjudul "Ma'ruf Amin himbau warga miskin terpencil banyak sedekah biar tak ngundang bencana".

Akun itu menambahkan narasi "Setiap ngomong gak di ayak lagi"

Lalu benarkah postingan yang menyebut artikel berjudul "Ma'ruf Amin himbau warga miskin terpencil banyak sedekah biar tak ngundang bencana"? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar Wapres Ma'ruf Amin Ajak Rakyat Naik Sepeda Agar Lebih Irit Akibat BBM Naik

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta rakyat naik sepeda agar lebih irit karena BBM naik. Postingan ini beredar sejak akhir pekan kemarin.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 5 September 2022.

Dalam postingannya terdapat foto Ma'ruf Amin dengan tulisan "Ma'ruf: BBM naik rakyat pakai sepeda lebih irit"

Akun itu menambahkan narasi:

"Apalah daya, dia cuma aki aki yg trjebak syahwat kekuasaan, bersuara untuk menyenangkan rezim yg mberinya makan, sia-sia sudah ilmu yg sdh mbesarkan namanya, Allah sendiri yg mncabut ilmu kewibawaan yg dimilikinya akibat syahwatnya....gak kebayang gmna nanti matinya"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta rakyat naik sepeda agar lebih irit karena BBM naik? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar Ma'ruf Amin Izinkan Presiden Jokowi Pakai Uang Negara untuk Menikahkan Kaesang

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Ma'ruf Amin mengizinkan Presiden Jokowi memakai uang negara untuk menikahkan Kaesang. Postingan ini beredar sejak pekan ini.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook pada 6 Desember 2022.

Akun itu mengunggah gambar artikel berjudul "Ma'ruf Amin tak apa-apa Presiden Jokowi pakai uang negara untuk menikahkan Kaesang".

Akun itu menambahkan narasi "Bapak wakil PRESIDEN ente kadang kadang bikin saya terharu....sekali nongol di media bikin saya senyum senyum..."

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Ma'ruf Amin mengizinkan Presiden Jokowi memakai uang negara untuk menikahkan Kaesang? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.