Sukses

Akademisi: Guru dan Peserta Didik Perlu Memiliki Keterampilan Literasi Digital

Selain itu, guru juga perli memperkuat program kompetensi terkait literasi digital.

Liputan6.com, Jakarta - Akademisi dari Universitas Pancasila, Dian Nurdiansyah mengatakan, peringatan Hari Guru Nasional merupakan momentum untuk memperkuat literasi digital pada satuan pendidikan.

"Baik guru maupun peserta didik perlu memiliki keterampilan literasi digital," kata Dian dilansir dari Antara, Sabtu (26/11/2022). 

Dosen Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Pancasila itu menambahkan, perkembangan era digital mendorong guru untuk memahami serta meningkatkan keterampilan literasi digital.

"Salah satu langkah sederhana adalah dengan tetap menerapkan sistem e-learning," ucap dia.

Dia menambahkan, kendati saat ini sistem pembelajaran jarak jauh tidak lagi digunakan, namun upaya untuk mempelajari teknologi baru yang terus berkembang sangat diperlukan.

"Guru berperan untuk terus memberikan literasi digital kepada peserta didik meskipun di tengah sistem pembelajaran tatap muka," tambah dia.

Selain itu, Dian Nurdiansyah juga mengingatkan perlunya pendampingan dan pengawasan kepada peserta didik saat mengakses konten-konten di internet atau media sosial.

"Hal ini bertujuan untuk mencegah siswa agar tidak mengakses konten-konten yang mengandung kekerasan atau konten negatif lainnya," katanya.

Selain itu, dia juga mengingatkan perlunya penguatan program kompetensi terkait literasi digital bagi guru.

"Khususnya bagi guru yang mengajar di wilayah pelosok, perlu difasilitasi dengan pembekalan dan peningkatan akses internet," katanya.

Sementara itu, Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) juga menekankan pentingnya peningkatan kompetensi digital bagi guru.

Plt. Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kemenko PMK, Aris Darmansyah Edisaputra mengatakan bahwa era teknologi digital yang berkembang pesat menjadi tantangan di bidang pendidikan yang perlu menjadi perhatian utama.

Aris juga mengatakan bahwa hal itu sejalan dengan Tema Hari Guru Nasional 2022, yakni "Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar".

"Hari Guru Nasional yang diperingati setiap tanggal 25 November diharapkan akan menjadi momentum untuk terus meningkatkan kompetensi digital guna mendukung sistem pembelajaran yang terus berkembang," katanya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.