Sukses

Kumpulan Hoaks Seputar Vladimir Putin, Simak Faktanya

Hoaks kerap menyerang pejabat negara, salah satunya Presiden Rusia, Vladimir Putin. Hoaks ini beredar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks kerap menyerang pejabat negara, salah satunya Presiden Rusia, Vladimir Putin. Hoaks ini beredar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks terkait Presiden Rusia Vladimir Putin? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Tidak Benar Vladimir Putin Tak Hadir di KTT G20 karena Sibuk Mancing Ikan

Kabar tentang Presiden Rusia Vladimir Putin tak hadir di KTT G20 karena sibuk memancing ikan beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facbeook pada 16 November 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah video berisi aksi Vladimir Putin yang tengah memancing ikan di sungai. Video berdurasi 16 detik itu memperlihatkan Putin sedang menyusuri sungai sambil memegang alat pancing ikan.

Video tersebut kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa Putin tidak hadir di KTT G20 karena sibuk memancing ikan.

"Pantesan gak keliatan di KTT G 20..🥴🤔

Ternyata Om Putin lagi asyik mancing.. 😅

Semoga banyak dapat ikan nya ya 😋🤭," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 42 kali ditonton dan mendapat 3 komentar dari warganet.

Benarkah Vladimir Putin tak hadir di KTT G20 karena sibuk memancing ikan? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Vladimir Putin Main Piano Bawakan Lagu Aisyah Istri Rasulullah

Sebuah video yang diklaim Presiden Rusia Vladimir Putin bermain piano membawakan lagu Aisyah Istri Rasulullah beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 18 April 2022.

Dalam video berdurasi 30 detik itu, tampak Putin tengah memainkan piano. Terdengar lagu yang dimainkan Putin adalah Aisyah Istri Rasulullah.

"Vladimir Putin sepertinya akan mendapat hidayah Memeluk agama Islam," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 23 ribu kali dibagikan, 245 kali ditonton dan mendapat 1400 komentar dari warganet.

Benarkah dalam video itu Presiden Rusia Vladimir Putin bermain piano membawakan lagu Aisyah Istri Rasulullah? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Hoaks Presiden Rusia Vladimir Putin Ancam Serang Israel Jika Pendudukan Pada Palestina Tidak Dihentikan

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim Presiden Rusia Vladimir Putin mengancam akan menyerang Israel jika pendudukan pada Palestina tidak dihentikan. Postingan ini beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 18 April 2022.

Dalam postingannya terdapat potongan artikel berita berjudul: "Rusia Ancam Serang Israel Jika Pendudukan Terhadap Palestina Tak Segera Dihentikan"

Akun itu menambahkan narasi: "Menurut gue ini sihh keren,,Gak hanya mengecam tapi udah mengancam..Seharusnya negara yg mayoritasnya islam.sperti ini..."

Lalu benarkah postingan yang mengklaim Presiden Rusia Vladimir Putin mengancam akan menyerang Israel jika pendudukan pada Palestina tidak dihentikan? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.