Sukses

Akses Perempuan atas Alat Digital Perlu Ditingkatkan

Literasi digital punya peran penting guna memperkuat kapasitas dan meminimalkan adanya kesenjangan digital bagi perempuan.

Liputan6.com, Jakarta - Literasi digital punya peran penting guna memperkuat kapasitas dan meminimalkan adanya kesenjangan digital bagi perempuan. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) mendorong kebijakan dan program yang dapat diakses sebagai bentuk partisipasi aktif perempuan dalam sektor ekonomi.

Pada acara Webinar G20 Empower Road to G20 2022 yang dilangsungkan secara daring di Jakarta, beberapa waktu lalu, Plt Sekretaris Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat yaitu Prijadi Santoso mengatakan, era sekarang lebih banyak memanfaatkan teknologi digital dalam dunia kerja jarak jauh dan ruang kerja yang fleksibel.

“Guna mendukung pemberdayaan perempuan, akses perempuan terhadap penggunaan alat digital perlu ditingkatkan. Terlebih lagi model pekerjaan di masa depan akan melibatkan kemampuan untuk mengadopsi pekerjaan berbasis teknologi digital,” ucapnya dilansir dari Antaranews.

Prijadi juga menjelaskan, dengan adanya peningkatan dalam kapasitas digital perempuan maka teknologi digital semakin banyak dimanfaatkan sebagai pengembangan bisnis dan transaksi virtual.

KPPPA akan terus ikut serta mendorong kesetaraan gender untuk mengoperasikan digitalisasi dalam mengarungi ketimpangan gender digital dan kesiapan sebagai perempuan dalam pekerjaan masa depan atau future work di dunia kerja dan usaha.

Webinar G20 Empower Road to G20 2022 ini diharapkan  dapat membuka diskusi antar publik terkait adanya isu untuk mendukung proses digitalisasi perempuan dalam dunia kerja dan usaha.

(Gloria Natali/Universitas Multimedia Nusantara)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.