Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini Bus Relawan Anies Baswedan Kecelakaan

Beredar foto yang diklaim bus relawan Anies Baswedan mengalami kecelakaan. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah foto yang diklaim bus relawan Anies Baswedan mengalami kecelakaan beredar di media sosial. Foto tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 15 Oktober 2022 lalu.

Foto tersebut memperlihatkan sebuah bus berwarna hitam mengalami kecelakaan di jalan. Bus itu terperosok di pinggir jalan.

Sejumlah penumpang bus tersebut pun turun. Pada bagian belakang bus, terdapat spanduk Anies Baswedan dengan tulisan Simpul Relawan Presiden 2024-2029.

Foto itu kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa bus yang mengalami kecelakaan mengangkut relawan Anies Baswedan.

"Foto ini viral !!!

Sebenarnya cuma foto bus NYUNGSEP

Tapi bus itu membawa tim Simpul Anies Presiden.

Kata orang, itu isyarat alam," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah beberapa kali direspons oleh warganet.

Benarkah bus yang kecelakaan dalam foto itu mengangkut relawan Anies Baswedan? Berikut penelusurannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri foto yang diklaim bus relawan Anies Baswedan mengalami kecelakaan. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah foto tersebut ke situs Google Images.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang memuat foto identik. Satu di antaranya artikel berjudul "Rem Blong, Bus Angkut 40 Orang dari Demak Kecelakaan Di Tawangmangu" yang dimuat situs solopos.com pada 30 Januari 2022.

Dalam foto yang dimuat artikel itu, terlihat bus berwarna hitam mengalami kecelakaan di pinggir jalan. Namun pada bagian belakang bus tidak terdapat poster bergambar Anies Baswedan.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

<p>Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs solopos.com.</p>

Solopos.com, KARANGANYAR — Bus pariwisata Garuda Jaya yang mengangkut rombongan alumni SMP Karangawen, Demak, Jawa Tengah, mengalami kecelakaan terperosok di selokan depan D’Lawu Bistro, Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Minggu (30/1/2022).

Beruntung, 40 orang penumpang dalam bus tersebut selamat dan tidak mengalami luka-luka. Kanit Penegakan Hukum (Gakkum) Satlantas Polres Karanganyar Ipda Sukarno Yudho mengatakan kecelakaan lalu lintas (lakalantas) tunggal di jalan Tawangmangu menuju Cemoro Kandang itu terjadi sekitar pukul 13.00 WIB.

Kejadiannya bermula saat bus Garuda Jaya Nopol H 1496 CE yang dikemudikan Abdul Makmun, warga Grobogan, berjalan dari arah utara (Sakura Hill Cemorokandang menuju selatan atau Tawangmangu). Namun sesampai di lokasi kejadian, bus pariwisata tersebut mengalami rem blong.

Sopir bus lantas banting setir hingga mengalami kecelakaan dan terperosok ke selokan di kawasan Tawangmangu. “Bus mengalami pecah selang angin rem sehingga blong dan terperosok di selokan maka terjadi lah lakalantas jalan tunggal,” katanya kepada Solopos.com, Minggu petang.

Ia mengatakan 40 orang rombongan alumni SMP Karangawen, Demak, selamat dan tidak ada yang terluka. Kasus bus pariwisata mengalami rem blong di wilayah Tawangmangu juga terjadi belum lama ini.

Sukarno mengingatkan kepada warga yang hendak berwisata agar mengecek kondisi kendaraannya. Hal ini untuk memastikan kendaraan yang digunakan aman dan tidak ada kerusakan apa pun.

 

Referensi:

https://www.solopos.com/rem-blong-bus-angkut-40-orang-dari-demak-kecelakaan-di-tawangmangu-1246788

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Foto yang diklaim bus relawan Anies Baswedan mengalami kecelakaan ternyata tidak benar. Faktanya, foto tersebut merupakan hasil rekayasa digital.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.