Cek Fakta: Tidak Benar Iriana Jokowi Jenguk Lesti Kejora di Rumah Sakit

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 06 Okt 2022, 11:00 WIB
Diperbarui 06 Okt 2022, 11:00 WIB
Gambar Tangkapan Layar Kabar tentang Ibu Negara Iriana Jokowi Menjenguk Pedangdut Lesti Kejora (sumber: Facebook).
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Kabar tentang Ibu Negara Iriana Jokowi Menjenguk Pedangdut Lesti Kejora (sumber: Facebook).

Liputan6.com, Jakarta - Informasi tentang Ibu Negara Iriana Jokowi menjenguk pedangdut Lesti Kejora yang tengah dirawat di rumah sakit beredar di media sosial. Informasi tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 2 Oktober 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah video dari situs berbagi video YouTube berjudul "Terbaru !! Semua Jadi Terharu, Lesti Kejora Di Jengukin Iriana Jokowi Buat Ini, Leslar, Rizky Billar".

Gambar pada video itu memperlihatkan Lesti Kejora yang tengah duduk di atas ranjang rumah sakit. Mata sebelah kirinya tampak diperban. Kemudian ada sejumlah tenaga medis yang mendampingi Lesti Kejora.

Ada juga foto Iriana Jokowi yang mengenakan baju lengan panjang berwarna pink, sambil tersenyum ke arah Lesti Kejora. Gambar pada video itu kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa Iriana Jokowi tengah menjenguk Lesti Kejora di rumah sakit.

"Mohon maaf sebelumnya saya hanya ingin meminta jgn hanya artis aja yg di perhatikan di dlm rmh tangga yg bukan artis sangat banyak klo bisa buat pelaku KDRT dan Perselingkuhan bisa di hukum sesuai gimn semestinya krna udh menghancurkan rmh tangga sendiri," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah beberapa kali direspons warganet.

Benarkah Iriana Jokowi menjenguk Lesti Kejora di rumah sakit? Berikut penelusurannya.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Penelusuran Fakta

Gambar Tangkapan Layar Penelusuran Foto Menggunakan Situs Google Images.
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Penelusuran Foto Menggunakan Situs Google Images.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi tentang Ibu Negara Iriana Jokowi menjenguk pedangdut Lesti Kejora yang tengah dirawat di rumah sakit.

Penelusuran mula-mula dilakukan dengan mengunggah gambar dari video tersebut ke situs Google Images. Hasilnya terdapat gambar identik pada artikel berjudul "Terbaring di Rumah Sakit, Hotman Paris: Cincin Berlian Diganti Kabel Infus" yang dimuat situs kumparan.com pada 24 Mei 2021.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

<p>Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs kumparan.com.</p>

Sejumlah tenaga medis dalam foto tersebut tampak identik. Mereka mengenakan seragam berwarna oranye, masker, dan penutup kepala. Mereka juga terlihat memamerkan jari tangannya.

Liputan6.com juga menemukan foto identik lainnya, yakni sosok Iriana Jokowi yang diklaim tengah menjenguk Lesti Kejora. Foto itu dimuat dalam artikel berjudul "So Sweet! Jokowi Kenang Masa Pacaran dan Sebut Iriana Cinta Pertama" yang dipublikasikan situs detik.com pada 12 Desember 2018 lalu.

Dalam foto itu, Iriana tampak duduk bersebelahan Presiden Jokowi. Ia terlihat mengenakan jaket berwarna pink sambil tersenyum ke arah Jokowi.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

<p>Gambar Tangkapan Layar Artikel dari Situs detik.com.</p>

Penelusuran juga dilakukan dengan memasukkan kata kunci "iriana jokowi jenguk lesti kejora" di kolom pencarian Google Search. Namun, tidak ada informasi valid dari media arus utama yang memberitakan kabar tersebut.

 

Referensi:

https://hot.detik.com/celeb/d-4340898/so-sweet-jokowi-kenang-masa-pacaran-dan-sebut-iriana-cinta-pertama

https://kumparan.com/hipontianak/terbaring-di-rumah-sakit-hotman-paris-cincin-berlian-diganti-kabel-infus-1vnyDZe1Bss/1

 


Kesimpulan

Kabar tentang Iriana Jokowi menjenguk penyanyi dangdut Lesti Kejora di rumah sakit ternyata tidak benar. Foto yang diklaim Iriana Jokowi menjenguk Lesti merupakan hasil manipulasi digital.

 

Banner Cek Fakta: Salah
Perbesar
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya