Cek Fakta: Tidak Benar dalam Video Ini Para Pemuja Setan di Jalanan London

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 05 Okt 2022, 14:00 WIB
Diperbarui 05 Okt 2022, 14:00 WIB
Gambar Tangkapan Layar Video yang Diklaim Para Pemuja Setan Telah Keluar di Jalanan London (sumber: Facebook).
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Video yang Diklaim Para Pemuja Setan Telah Keluar di Jalanan London (sumber: Facebook).

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim para pemuja setan telah keluar di jalanan London beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 28 September 2022.

Video berdurasi 1 menit 13 detik itu memperlihatkan sekelompok orang sedang berjalan di sebuah jalanan. Mereka tampak mengenakan pakaian, kerudung, masker, hingga sarung tangan berwarna merah.

Video itu kemudian dikaitkan dengan kabar bahwa para pemuja setan telah keluar di jalanan kota London, Inggris.

"Para pemuja syetan telah keluar dijalanan london, mᴇrᴇkᴀ memanggil manggil samiri ( Dajjal) utk segera keluar..

ᴀꜱᴛᴀɢʜꜰɪʀᴜʟʟᴀʜ,ᴋɪᴛᴀ ʙᴇʀᴀᴅᴀ ᴅɪᴜᴊᴜɴɢ ᴋᴇʜᴀᴅɪʀᴀɴɴyᴀ..😔," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 33 kali ditonton dan 7 kali direspons warganet.

Benarkah dalam video tersebut para pemuja setan telah keluar di jalanan London? Berikut penelusurannya.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Penelusuran Fakta

Gambar Tangkapan Layar Penelusuran Foto Menggunakan Situs Yandex.
Perbesar
Gambar Tangkapan Layar Penelusuran Foto Menggunakan Situs Yandex.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim para pemuja setan telah keluar di jalanan London. Penelusuran dilakukan dengan mengunggah gambar tangkapan layar dari video tersebut ke situs Yandex.

Hasilnya, sekelompok orang yang turun ke jalan dan berpakaian serba merah itu merupakan anggota dari sebuah kelompok bernama Extinction Rebellion.

Mereka kerap kali berunjuk rasa menentang berbagai isu sosial, termasuk isu perubahan iklim. Pada tiap protesnya, kelompok ini kerap menggelar aksi teatrikal, yakni dengan mengenakan pakaian serba merah.

Misalnya saat aksi yang digelar pada 8 Oktober 2019 lalu di London, Inggris. Aksi mereka terekam dalam video berjudul "The Red Brigade Stands At The Thin Blue Line | Extinction Rebellion" yang diunggah channel YouTube Extinction Rebellion UK.

Berikut gambar tangkapan layarnya:

<p>Gambar Tangkapan Layar Video dari Channel YouTube Extinction Rebellion UK.</p>

 

Referensi:

https://www.youtube.com/watch?v=qNk6JPFaHUU

 


Kesimpulan

Video yang diklaim para pemuja setan telah keluar di jalanan London ternyata tidak benar. Faktanya, video tersebut merupakan unjuk rasa yang dilakukan oleh kelompok Extinction Rebellion, bukan para pemuja setan.

 

Banner Cek Fakta: Salah
Perbesar
Banner Cek Fakta: Salah (Liputan6.com/Triyasni)

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya