Kumpulan Hoaks Seputar MUI, Simak Faktanya

Oleh Adyaksa Vidi pada 02 Okt 2022, 18:00 WIB
Diperbarui 03 Okt 2022, 12:16 WIB
banner Hoax
Perbesar
ilustrasi hoaks seputar MUI. (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - Majelis Ulama Indonesia (MUI) merupakan salah satu lembaga yang kerap menjadi sasaran hoaks. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks seputar MUI? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: MUI Minta TV Menghentikan Acara Ayu Ting Ting Karena Berstatus Janda, Simak Faktanya

Beredar di media sosial postingan yang mengklaim MUI meminta acara tv menghentikan acara yang menghadirkan Ayu Ting Ting karena berstatus janda. Postingan itu ramai dibagikan sejak awal pekan ini.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 20 Maret 2022.

Dalam postingannya terdapat potongan berita berjudul "MUI Minta Acara TV yang Diisi Ayu Ting Ting Dihentikan, Status Janda Sang Biduan Jadi Masalah?"

Selain itu akun tersebut menambahkan narasi: "AKHIRNYA TUHANPUN MENUNJUKKAN JALAN YG BENAR

Doa mereka terkabul...

MUI memang harusnya dari dulu itu jgn urus persoalan agama, cukup jadi biro jodoh saja buat para janda.

Ya seperti yg sekarang ini rasanya sudah Pas dan cocok, MANTAP !!"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim MUI meminta acara tv menghentikan acara yang menghadirkan Ayu Ting Ting karena berstatus janda? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Tidak Benar Artikel Liputan6.com Berjudul "MUI akan Segera Keluarkan Fatwa Haram Kepada Free Fire"

Kabar tentang Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan segera mengeluarkan fatwa haram kepada gim Free Fire sebelum Hari Raya Idul Fitri beredar di media sosial.

Kabar tersebut beredar lewat gambar tangkapan layar artikel berjudul "MUI akan segera mengeluarkan fatwa "Haram" kepada "Free Fire" sebelum Hari Raya Idul Fitri yang diklaim dari Liputan6.com.

Gambar tangkapan layar tersebut disebarkan akun Facebook Mas Radity pada 22 April 2021. Akun Facebook Mas Radity kemudian menambahkan narasi dalam konten yang diunggahnya.

"Kabar gembira untuk kita semua

#accmin

#accwoi," tulis akun Facebook Mas Radity.

Konten yang disebarkan akun Facebook Mas Radity telah 459 kali dibagikan dan mendapat 270 komentar warganet.

Benarkah MUI akan segera mengeluarkan fatwa haram kepada gim Free Fire? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Tidak Benar MUI Berikan Logo Halal Pada Mie Instan Rasa Kaldu Tulang Babi

Beredar di media sosial postingan yang menyebut MUI memberikan label halal pada mie instan dengan rasa kaldu tulang babi. Postingan itu beredar sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 29 September 2022.

Dalam postingannya terdapat gambar kemasan mie instan dengan rasa "pork bone broth flavor" serta logo halal di sisi kanan.

Postingan itu disertai dengan tulisan "Demo tuh MUI dah jelas tertulis ada pork bone kok di cap halal!!"

Akun itu menambahkan narasi, "Pasukn Wiro Guendheeng 212 knp kaleann pde mingkem yee..kga' ada demo k MUI. Nihhh mkanann Demo kalean.., lumayann Nas.bung sebgkus buatt ganjall perutt kalean"

Lalu benarkah postingan yang menyebut MUI memberikan label halal pada mie instan dengan rasa kaldu tulang babi? Simak dalam artikel berikut ini...

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya