Hadapi Hoaks Pemilu 2024, Google Gandeng AMSI Hingga Koalisi Cek Fakta

Oleh Adyaksa Vidi pada 29 Sep 2022, 20:00 WIB
Diperbarui 29 Sep 2022, 20:00 WIB
Ilustrasi Kampanye Pemilu Pilkada Pilpres (Freepik/Rawpixel)
Perbesar
Ilustrasi Pemilu 2024. (Freepik/Rawpixel)

Liputan6.com, Jakarta - Google menggandeng sejumlah lembaga di Indonesia untuk memerangi hoaks terkait pemilu mendatang. Mereka menilai gelaran pemilu merupakan salah satu momen penting di setiap negara.

Di Indonesia Google bekerja sama dengan AJI, Mafindo, AMSI, dan koalisi Cek Fakta yang terdiri dari 24 media.

"Kami merasa terhormat dapat bermitra dengan AJI, Mafindo, AMSI dan mitra CekFakta ketika pemilih Indonesia bersiap menuju pada pemungutan suara di tahun 2024," ujar Irene Jay Liu, News Lab Lead Google Asia Pasifik.

"Setiap orang tidak peduli bagaimana mereka mengakses atau mengonsumsi berita, harus memiliki akses ke keterampilan yang tepat untuk menilai informasi yang mereka temui secara kritis," kata Irene menambahkan.

Selain Indonesia, sejumlah negara di Asia Pasifik juga akan mengadakan pemungutan suara. Seperti Pakistan dan Malaysia pada tahun 2023 dan juga India pada tahun 2024.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya