Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Video Manusia Dimakan Buaya di Sungai Brantas

Beredar video yang diklaim seekor buaya memangsa manusia di Sungai Brantas. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang diklaim seekor buaya memangsa manusia di Sungai Brantas beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan salah satu channel YouTube pada 5 September 2022.

Video berdurasi 2 menit 30 detik itu memperlihatkan seekor buaya menyeret jasad manusia tanpa busana di dalam air. Terdapat juga narasi bahwa peristiwa itu terjadi di Sungai Brantas, Jawa Timur.

"Rolak Songo Sungai Brantas," demikian narasi dalam video tersebut.

Video itu kemudian dikaitkan dengan peristiwa seeokor buaya memangsa manusia di Sungai Brantas, Jawa Timur.

"Manusia di makan buaya.sungai Brantas," tulis salah satu channel YouTube.

Konten yang disebarkan channel YouTube tersebut telah 39 ribu kali ditonton dan mendapat 58 komentar dari warganet.

Benarkah dalam video itu seekor buaya memangsa manusia di Sungai Brantas? Berikut penelusurannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri video yang diklaim seekor buaya memangsa manusia di Sungai Brantas. Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "man swimming killed crocodile" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai peristiwa dalam video tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Man killed by crocodile in Tamaulipas while swimming in lagoon" yang dimuat situs mexiconewsdaily.com pada 22 Agustus 2022.

Artikel itu juga memuat gambar tangkapan layar dari video seekor buaya yang memangsa manusia di dalam air.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa peristiwa buaya memangsa pria dalam video itu terjadi di perairan Laguna del Carpintero, Tampico Tamaulipas, Meksiko.

Menurut keterangan dari saksi mata, pria itu memasuki Laguna del Carpintero di Tampico sekitar pukul 08.30 pada Kamis, 18 Agustus 2022. Menurut saksi mata, pria tersebut tak menyadari ada seekor buaya sepanjang 3 meter berenang di dekatnya.

Tubuh pria itu ditemukan di dekat Volantín dan buayanya berhasil ditangkap oleh para tim pemadam kebakaran setempat, dibantu oleh pihak kepolisian. Para personel layanan darurat harus menerobos saluran pembuangan untuk mengevakuasi jasad pria itu.

 

Referensi:

https://mexiconewsdaily.com/news/crocodile-kills-tamaulipas-man/

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Video yang diklaim seekor buaya memangsa manusia di Sungai Brantas ternyata tidak benar. Faktanya, peristiwa dalam video itu terjadi di Meksiko.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.