Sukses

Waspada Penipuan Lewat Hoaks Rekrutmen Karyawan Pegadaian, Simak Modusnya

Beredar hoaks di masyarakat tentang rekrutmen karyawan Pegadaian

Liputan6.com, Jakarta- PT Pegadaian (Persero) mengingatkan masyarakat agar waspada dan berhati-hati terhadap modus penipuan berupa undangan penerimaan karyawan yang mengatasnamakan Direksi atau Pejabat Pegadaian.

Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan PT Pegadaian (Persero), Basuki Tri Andayani menyampaikan bahwa calon korban biasanya mendapatkan email dari seseorang yang memberikan informasi bahwa yang bersangkutan diterima sebagai karyawan Pegadaian.

Selanjutnya calon korban diminta hadir ke kantor pusat dengan menggunakan jasa tour dan travel tertentu yang akan membantu transportasi serta akomodasi untuk mengikuti proses rekrutmen berikutnya.

"Nah, di tahap pemanggilan inilah biasanya pelaku minta transfer dengan alasan untuk biaya transportasi dan akomodasi. Padagal sejatinya dalam setiap proses rekrutmen, Pegadaian tidak memungut biaya serta tidak bekerja sama dengan pengelola jasa tour dan travel manapun," kata Basuki, dikutip dari situs resmi Pegadaian, Selasa (20/9/2022).

Basuki menambahkan, apabila masyarakat mendapatkan informasi penerimaan karyawan tersebut agar segera melakukan konfirmasi ke kantor Pegadaian terdekat atau menghubungi Kantor Pusat PT Pegadaian (Persero) Divisi Strategic Human Capital di nomor 021-3155550 ext 411. Jika telanjur menjadi korban penipuan, agar melaporkan kepada yang berwajib untuk ditindak sesuai hukum yang berlaku.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hoaks rekrutmen karyawan Pegadaian

Belakangan ini kata Basuki, banyaknya berita bohong atau hoaks yang beredar di masyarakat tentang rekrutmen karyawan Pegadaian. Dan yang meresahkan adalah para calon pelamar kerja diminta mengirimkan sejumlah uang untuk biaya transportasi dan akomodasi. Dalam surat elektronik yang dikirim kepada calon korban juga disebutkan salah satu biro perjalanan yang seolah-olah ditunjuk sebagai mitra Pegadaian.

Program rekrutmen karyawan PT Pegadaian (Persero) dilakukan melalui program Management Development Program secara terbuka untuk masyarakat luas. Sedangkan untuk rekrutmen internal dilakukan dengan program Staff Development Program. Dengan cara ini diharapkan perusahaan memperoleh sumber daya manusia terbaik yang siap berkembang dengan menerapkan core value AKHLAK, sesuai dengan arahan Kementerian BUMN untuk menciptakan pabrik talenta yang berkualitas dilingkungan BUMN.

Setiap program rekrutmen pegawai diumumkan melalui website resmi pegadaian.co.id dan media sosial resmim perusahaan serta dilakukan secara gratis. Pelamar tidak dipungut biaya apapun, sehingga jika terdapat pemberitahuan rekrutmen dengan meminta sejumlah uang agar diabaikan.

“Kami sangat berharap agar masyarakat hati-hati dan waspada agar tidak menjadi korban penipuan bekedok rekrutmen palsu ini,” pungkas Basuki.

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.