Kumpulan Hoaks Catut Nama Hotman Paris Hutapea, Simak Faktanya

Oleh Adyaksa Vidi pada 19 Sep 2022, 19:00 WIB
Diperbarui 21 Sep 2022, 07:22 WIB
Ilustrasi Hoax
Perbesar
Ilustrasi hoaks terkait Hotman Paris Hutapea. (Liputan6.com/Rita Ayuningtyas)

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks bisa menyerang siapa saja tak terkecuali pengacara seperti Hotman Paris Hutapea. Hoaks ini menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks terkait Hotman Paris Hutapea? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Hotman Paris Bagi-Bagi Uang Lewat Facebook

Kabar tentang pengacara Hotman Paris Hutapea membagikan uang puluhan juta rupiah lewat Facebook beredar di media sosial. Informasi tersebut disebarkan akun Facebook yang mencatut nama Hotman, yakni Hotman Paris Reel.

Akun Facebook tersebut mengunggah beberapa video Hotman Paris. Video itu juga tertulis narasi bahwa Hotman membagikan uang puluhan juta tanpa diundi.

"KHUSUS PENGGUNA BNI, BRI, BCA SAYA TRF 50 JUTA TANPA DIUNDI!!," demikian narasi dalam salah satu video.

"Yang belum di transfer siapa aja nih," tulis akun Facebook Hotman Paris Reel.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 107 kali dibagikan dan mendapat 1.500 komentar dari warganet.

Benarkah Hotman Paris membagikan uang puluhan juta rupiah tanpa diundi lewat Facebook? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks Kutipan Hotman Paris Hutapea soal Ancaman Jokowi ke Keluarga Cendana dan Cikeas

Sebuah narasi yang diklaim pernyataan dari pengacara Hotman Paris Hutapea tentang ancaman Jokowi ke keluarga cendana dan cikeas beredar di media sosial. Konten tersebut salah satunya diunggah oleh akun Facebook Al Gha Riz pada 24 Juli 2021.

Akun Facebook Al Gha Riz mengunggah gambar berisi pernyataan yang diklaim dari Hotman Paris Hutapea. Berikut narasinya:

"Saya khawatir jika Pak Jokowi bila dipancing-pancing emosinya.

Hati-hati saja keluarga Cendana dan keluarga Cikeas, harta gono gini kalianlah jadi pertaruhannya. KPK dan Intelijen sudah dari 2014 mengumpulkan data dan faktanya.

Yaaa tinggal menunggu perintah Presiden saja, langsung eksekusi tanah negara yang dikuasi mereka.

Gawat itu, Saya sudah pasti bela Negara.

Hotman Paris"

"Om Hotman Paris berkelakar," tulis akun Facebook Al Gha Riz.

Konten yang disebarkan akun Facebook Al Gha Riz telah 33 kali direpons dan mendapat 4 komentar warganet.

Benarkah Hotman Paris Hutapea memberikan pernyataan soal ancaman Jokowi ke keluarga Cendana dan Cikeas? Simak dalam artikel berikut ini...

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya