Sukses

Deretan Hoaks Bagi-Bagi Hadiah Catut Nama Selebriti Ternama, Jangan Mudah Tergiur

Hoaks menjanjikan hadiah atau uang jutaan rupiah kerap mencatut nama selebriti ternama tanah air.

Liputan6.com, Jakarta - Hoaks menjanjikan hadiah atau uang jutaan rupiah kerap mencatut nama selebriti ternama tanah air. Hoaks ini biasanya menyebar melalui media sosial maupun aplikasi percakapan.

Lalu apa saja hoaks yang mencatut nama selebriti? Berikut beberapa di antaranya:

1. Cek Fakta: Hoaks Hotman Paris Bagi-Bagi Uang Lewat Facebook

Kabar tentang pengacara Hotman Paris Hutapea membagikan uang puluhan juta rupiah lewat Facebook beredar di media sosial. Informasi tersebut disebarkan akun Facebook yang mencatut nama Hotman, yakni Hotman Paris Reel.

Akun Facebook tersebut mengunggah beberapa video Hotman Paris. Video itu juga tertulis narasi bahwa Hotman membagikan uang puluhan juta tanpa diundi.

"KHUSUS PENGGUNA BNI, BRI, BCA SAYA TRF 50 JUTA TANPA DIUNDI!!," demikian narasi dalam salah satu video.

"Yang belum di transfer siapa aja nih," tulis akun Facebook Hotman Paris Reel.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 107 kali dibagikan dan mendapat 1.500 komentar dari warganet.

Benarkah Hotman Paris membagikan uang puluhan juta rupiah tanpa diundi lewat Facebook? Simak dalam artikel berikut ini...

2. Cek Fakta: Hoaks Bagi-Bagi Hadiah Mencatut Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Warganet diminta mengisi kolom komentar dengan menuliskan huruf "P" sebanyak puluhan kali untuk mendapatkan hadiah uang.

"NO HOAX LANGSUNG TRANSFERLANGSUNG CAIR HARI INI !!!

BUAT KALIAN BACA BAIK BAIK!! JIKA ADA YANG WHATSAPP MINTA TRANSFER UANG JANGAN MAU ITU PENIPU!! INI GRATIS TANPA BIAYA SEPESERPUN ‼️

SPAM P 20X = 10 JT

SPAM P 30X = 30 JT

SPAM P 50X = 50 JT

SPAM P 100X = 100JT

DAN WAJIB SHARE SEBANYAK BANYAKNYAINGAT JIKA ADA YANG MEMINTA BIAYA ADMINISTRASI ITU BUKAN KAMI," tulis akun Facebook Rafii & Nagitaa.

Konten yang disebarkan akun Facebook Rafii & Nagitaa telah 61 ribu kali dibagikan dan mendapat 30 ribu komentar warganet.

Lalu benarkah postingan tersebut? Simak dalam artikel berikut ini...

3. Cek Fakta: Hoaks Telkomsel dan Baim Wong Bagi-Bagi Mercedes Benz Rayakan HUT Kemerdekaan RI

Kabar tentang Telkomsel dan artis sekaligus YouTuber Baim Wong bagi-bagi mobil mewah Mercedes Benz untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI beredar di media sosial. Kabar tersebut disebarkan salah satu akun Facebook pada 8 Agustus 2022.

Akun Facebook tersebut mengunggah narasi berisi klaim bahwa Telkomsel dan Baim Wong tengah membagikan hadiah dua unit Mercedes Benz.

Untuk mendapatkan mobil mewah tersebut, warganet diminta untuk mengklik tautan yang mengarah ke sebuah akun WhatsApp. Setelah itu, warganet diminta mengirim pesan ke akun WhatsApp tersebut dengan format "JAYA INDONESIA 45".

"Dalam Rangka Memperingati HUT KEMERDEKAAN RI KE 77, Baim dan telkomse bekerja sama akan memberikan secara acak kepada seseorang di facebook 2 unit mobil merek Mercedes-Benz keluaran baru 2022 yang berhasil mengetik (JAYA INDONESIA 45) sebelum tanggal 17 Agustus.

Langsung wa ke admin baim ya bosquu biar bisa saya proses

👉 https://wa.me/message/U3CELEZUQRQMK1," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah 1.800 kali dibagikan dan mendapat 2 ribu komentar dari warganet.

Benarkah Telkomsel dan Baim Wong tengah membagikan hadiah dua unit Mercedes Benz untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI? Simak dalam artikel berikut ini...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.