Mitos Kesehatan Sepekan: Pengobatan Tumor Tanpa Operasi hingga Vaksin Pfizer Mengandung Chip

Oleh Hanz Jimenez Salim pada 12 Sep 2022, 13:00 WIB
Diperbarui 12 Sep 2022, 13:00 WIB
ilustrasi Cek Fakta kesehatan
Perbesar
ilustrasi Cek Fakta

Liputan6.com, Jakarta - Informasi hoaks terus bermunculan di media sosial, tidak terkecuali hoaks dan mitos kesehatan yang dapat mempengaruhi masyarakat.

Satu di antaranya klaim RS Gatot Subroto menyelenggarakan pengobatan tumor ganas tanpa operasi dan kemoterapi. Kabar tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Klaim RS Gatot Subroto selenggarakan pengobatan tumor ganas tanpa operasi dan kemoterapi, berupa tulisan sebagai berikut.

"Kawan2.....

RS Gatot Subroto Jakarta, sudah mulai ada pengobatan tumor ganas/ kanker CELL CURE, telah berhasil menyembuhkan kanker stadium 4, tanpa operasi, tanpa chemo therapy...

Equipment tsb hibah dari pemerintah Jerman.

Teknologi tsb hanya ada di Jerman dan Indonesia

Buat Bpk2/Ibu2 yg punya kerabat, atau teman yg saat ini menderita kanker dan tidak mempunyai dana lagi.

Yayasan Miracle Hope ingin membantu untuk mengobati penderita kanker jenis apapun. Silahkan berikan data untuk pemeriksaan darah dan obat akan diberikan secara gratis.

Silahkan isi data

* Nama :

* Alamat :

* Jenis kanker :

* Surat keterangan tidak mampu dari RT, RW setempat

* Kirim via email: Fani.ferdiani@yahoo.com PIN 23823ADB

Bantu Broadcast juga ya kalau bisa ...

mungkin di luar sana ada yang benar-benar sedang membutuhkan.

#1hari #1kebaikan

#share dari sdr..untuk sdr2 yg membutuhkan.

tolong di share group2 lain"

Namun setelah ditelusuri, klaim RS Gatot Subroto menyelenggarakan pengobatan tumor ganas tanpa operasi dan kemoterapi adalah hoaks.

Klaim tersebut ini adalah penipuan yang sudah beredar dari 2013. Nama orang yang tercantum dalam postingan tersebut adalah seorang marketer yang mencari database orang sebanyak-banyaknya.

Selain informasi pengobatan tumor ganas tanpa operasi, terdapat mitos kesehatan lain yang telah ditelusuri selama sepekan. Berikut rangkumannya.

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Vaksin Pfizer Diperbarui Dengan Menambahkan Chip dari Microsoft

Cek Fakta chip di vaksin covid-19 buatan Pfizer
Perbesar
Cek Fakta chip di vaksin covid-19 buatan Pfizer

Beredar kembali di media sosial postingan yang menyebut vaksin covid-19 buatan Pfizer akan diperbarui dengan menambahkan chip dari Microsoft untuk mengurangi gejala. Postingan itu ramai dibagikan sejak beberapa waktu lalu.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 5 Mei 2021.

Dalam unggahannya terdapat potongan judul artikel berita "Pfizer Announces COVID-19 Vaccine Upgrade, Now Includes Microsoft Chip For Reduced Symptoms".

Atau dalam Bahasa Indonesia "Pfizer Mengumumkan Peningkatan Vaksin COVID-19, Sekarang Termasuk Chip Microsoft Untuk Mengurangi Gejala"

Setelah ditelusuri, postingan yang mengklaim vaksin covid-19 buatan Pfizer akan diperbarui dengan memasangkan chip dari Microsoft untuk mengurangi gejala adalah hoaks.

Baca selengkapnya di tautan berikut ini.

 


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya