Sukses

Cek Fakta: Beredar Lagi Hoaks RS Gatot Subroto Selenggarakan Pengobatan Tumor Ganas Tanpa Operasi dan Kemoterapi

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim RS Gatot Subroto menyelenggarakan pengobatan tumor ganas tanpa operasi dan kemoterapi.

Liputan6.com, Jakarta - Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim RS Gatot Subroto menyelenggarakan pengobatan tumor ganas tanpa operasi dan kemoterapi. Kabar tersebut beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp.

Klaim RS Gatot Subroto selenggarakan pengobatan tumor ganas tanpa operasi dan kemoterapi, berupa tulisan sebagai berikut.

"Kawan2.....

RS Gatot Subroto Jakarta, sudah mulai ada pengobatan tumor ganas/ kanker CELL CURE, telah berhasil menyembuhkan kanker stadium 4, tanpa operasi, tanpa chemo therapy...

Equipment tsb hibah dari pemerintah Jerman.

Teknologi tsb hanya ada di Jerman dan Indonesia

Buat Bpk2/Ibu2 yg punya kerabat, atau teman yg saat ini menderita kanker dan tidak mempunyai dana lagi.

Yayasan Miracle Hope ingin membantu untuk mengobati penderita kanker jenis apapun. Silahkan berikan data untuk pemeriksaan darah dan obat akan diberikan secara gratis.

Silahkan isi data

* Nama :

* Alamat :

* Jenis kanker :

* Surat keterangan tidak mampu dari RT, RW setempat

* Kirim via email: Fani.ferdiani@yahoo.com PIN 23823ADB

Bantu Broadcast juga ya kalau bisa ...

mungkin di luar sana ada yang benar-benar sedang membutuhkan.

#1hari #1kebaikan

#share dari sdr..untuk sdr2 yg membutuhkan.

tolong di share group2 lain"

Benarkah klaim RS Gatot Subroto selenggarakan pengobatan tumor ganas tanpa operasi dan kemoterapi? Simak hasil penelusurannya Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim RS Gatot Subroto menyelenggarakan pengobatan tumor ganas tanpa operasi dan kemoterapi, kabar tersebut sebelumnya telah beredar sejak 2019 dan diulas dalam artikel berjudul "Soal Broadcast Pengobatan Gratis Kanker Tanpa Operasi dan Kemo, RSPAD: Itu Hoaks" oleh situs Liputan6.com.

Health-Liputan6.com bertanya kebenaran pesan berantai tersebut kepada Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, yang saat itu dijabat oleh Terawan Agus Putranto. Dia pun mengatakan agar masyarakat tidak mempercayai isu tersebut.

"Hoaks ya," kata Terawan dalam pesan singkat kepada Health-Liputan6.com.

Kementerian Komunikasi dan Informatika pun sudah melakukan penelusuran terhadap pesan berantai ini. Ternyata ini adalah penipuan yang sudah beredar dari 2013. Nama orang yang tercantum dalam postingan tersebut adalah wanita 33 tahun. 

"Dia adalah seorang marketer yang mencari database orang sebanyak-banyaknya, sedangkan yayasan miracle of hope lebih fokus pada masalah diabetes dan memberi informasi yang diperlukan dan keterampilan untuk hidup sehat. Yayasan miracle of hope juga menangani masalah kanker namun pada menu di profilnya juga membutuhkan dana agar dapat membantu pasiennya," seperti dilansir laman kominfo.go.id, Kamis (18/7/2019).

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim RS Gatot Subroto menyelenggarakan pengobatan tumor ganas tanpa operasi dan kemoterapi adalah hoaks.

Klaim tersebut ini adalah penipuan yang sudah beredar dari 2013. Nama orang yang tercantum dalam postingan tersebut adalah seorang marketer yang mencari database orang sebanyak-banyaknya.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.