Sukses

Cek Fakta: Hoaks Surat Pemanggilan Seleksi Calon Karyawan BNI di Denpasar 29 Agustus 2022

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi surat pemanggilan seleksi calon karyawan BNI di Denpasar 29 Agustus 2022

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi surat pemanggilan seleksi calon karyawan PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI, di Denpasar, 29 Agustus 2022.

Informasi surat pemanggilan seleksi calon karyawan BNI berupa surat elektronik dalam bentuk PDF berisi tiga lembar, pada halaman pertama terdapat pernyataan sebagai berikut.

"Berdasarkan hasil evaluasi tim seleksi terhadap lamaran kerja Saudara yang kami terima, Dengan ini kami sampaikan bahwa berkas lamaran Saudara memenuhi persyaratan yang telah ditentukanPanitia seleksi Recruitment karyawan (i) BNI"

Kemudian penerima surat yang dinyakan lolos, untuk mengikuti tes seleksi berikutnya, pada 29 Agustus 2022, di Denpasar, Bali.

Dalam lembar halaman pertama tersebut juga disebutkan barang yang perlu dibawa saat mengikuti seleksi.

Pada lembar ketiga terdapat 25 nama peserta yang dinyatakan lolos untuk mengikuti seleksi dan mengarahkan untuk menghubungi pihak penyedia akomodasi atas nama Ryan Santoso dengan nomor telepon 0838.22xx.xx69 untuk reservasi transportasi saat mengikuti proses seleksi.

Pada lembar ketiga peserta diarahkan untuk menanggung sementara biaya akomodasi tersebut dan nantinya biaya akan diganti oleh BNI setelah seleksi.

Benarkah informasi surat pemanggilan seleksi calon karyawan BNI di Denpasar, 29 Agustus 2022? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri informasi surat pemanggilan seleksi calon karyawan BNI di Denpasar 29 Agustus 2022.

Dalam artikel berjudul "Cek Fakta: Surat Pemanggilan Seleksi Calon Karyawan BNI Ini Tidak Benar" yang dikutip Liputan6.com, 

Corporate Secretary BNI, Mucharom menyatakan informasi yang beredar itu hoaks.

"BNI tidak pernah memungut biaya apapun dari pelamar atau menunjuk agen perjalanan manapun dalam proses seleksi pegawai. Pelamar yang sedang menjalani proses seleksi karyawan BNI dan lolos ke tahap berikutnya akan dihubungi serta diundang secara resmi melalui email talentsearch@bni.co.id," ujar Mucharom.

"Kami meminta masyarakat agar waspada dan tidak tertipu dengan sistem rekrutmen dengan modus serupa," ujarnya menambahkan.

Dalam akun Instagram resminya, @bni46, terdapat postingan terkait surat pemanggilan seleksi calin kartawan BNI tersebut.

Mohon waspada dengan segala penipuan rekrutmen yang mengatasnamakan BNI. Seluruh proses rekrutmen di BNI tidak dipungut biaya kepada pihak pelamar.

Informasi rekrutmen BNI dapat diakses melalui ww.recruitment.bni.co.id. Selain itu bisa juga dilihat melalui Instagram @bni46, Facebook: BNI, Twitter: @BNI, dan BNI Call 1500046"

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, informasi surat pemanggilan seleksi calon karyawan BNI di Denpasar 29 Agustus 2022 tidak benar. 

BNI tidak pernah memungut biaya apapun dari pelamar atau menunjuk agen perjalanan manapun dalam proses seleksi pegawai.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.