Sukses

Kominfo Gandeng UPN Veteran Yogyakarta, Gelar Pelatihan Literasi Digital

Kolaborasi antara Kominfo dan UPNVY merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan program Indonesia Makin Cakap Digital.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berkolaborasi dengan UPN Veteran Yogyakarta (UPNVY) meningkatkan literasi digital pada segmen pendidikan.

"Literasi digital sangat penting bagi semua kalangan masyarakat tanpa terkecuali, utamanya bagi para mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa yang diharapkan dapat menjadi sumber daya manusia (SDM) yang unggul dalam menyambut era digital 5.0," ujar Direktur Pemberdayaan Informatika Kominfo, Bonifasius Wahyu dilansir dari Antara, Jumat (26/8/2022).

Terdapat tiga tingkat kemampuan literasi digital yaitu Basic Digital Skill, Intermediate Digital Skill, dan Advance Digital Skill. P​​​​​​​​​​​​emerintah telah memiliki program untuk meningkatkan kemampuan literasi digital di ketiga tingkat tersebut.

"Pemerintah memberikan training selama tiga bulan dan selanjutnya harus melakukan ujian untuk sertifikasi. Selain itu untuk advanced ditujukan untuk kepala daerah/pimpinan lembaga dan perusahaan swasta untuk mengikuti pelatihan terkait digital di berbagai kampus seperti MIT, Cornell, Harvard, Imperial College, Shinwa, Oxford, dan lain-lain," tutur Bonifasius.

"Jadi pemerintah menyiapkan SDM yang dapat mengamankan dunia digital Indonesia di masa depan," lanjutnya.

Dia menjelaskan, pentingnya etika di dunia digital terutama dalam memahami dan memanfaatkan media sosial, perhatikan etiket internet.

"Etika di dunia nyata dan digital itu sama, jangan melakukan cyber bullying, pencemaran nama baik, dan menyebarkan hal yang tidak baik. Konsekuensi hukum di dunia nyata dan digital itu sama," ucap Bonifasius.

Kolaborasi dengan UPNVY merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kominfo sejak 20 Mei 2021.

Program itu dilaksanakan di seluruh provinsi se-Indonesia dengan target 50 juta orang memperoleh literasi tentang teknologi digital pada tahun 2024.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi patner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.