Cek Fakta: Tidak Benar Tidak Ada Stasiun TV yang Meliput Anies Baswedan Pimpin Upacara HUT RI ke-77 di Monas

Oleh Adyaksa Vidi pada 19 Agu 2022, 15:00 WIB
Diperbarui 19 Agu 2022, 15:00 WIB
Cek Fakta Monas
Perbesar
Cek fakta tidak ada yang meliput Anies Baswedan saat pimpin upacara HUT RI ke-77 di Monas.

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan yang mengklaim tidak ada media televisi yang meliput upacara HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Monas yang dipimpin Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Postingan itu beredar sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun ada yang mempostingnya di Facebook. Akun itu mengunggahnya pada 18 Agustus 2022.

Dalam postingannya terdapat berita dari Kompas.com berjudul "HUT ke-77 RI, Gubernur Anies Pimpin Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di Monas".

Akun itu menambahkan narasi,

"Gubernur DKI Anies Baswedan Memimpin pengibaran bendera raksasa merah putih di Monas

media tv tidak ada yang meliput

Merdeka negeri ku"

Lalu benarkah postingan yang mengklaim tidak ada media televisi yang meliput upacara HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Monas yang dipimpin Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Penelusuran Fakta

CEK FAKTA Liputan6
Perbesar
CEK FAKTA Liputan6 (Liputan6.com/Abdillah)

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri dan menemukan klaim yang disebut dalam postingan tidak benar.

Faktanya sejumlah media televisi nasional meliput upacara HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Monas yang dipimpin Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Salah satunya adalah Kompas TV. Dalam akun Youtubenya yang sudah bercentang biru atau terverifikasi Kompas TV mengunggah video saat Anies Baswedan memimpin upacara HUT ke-77 RI di Monas.

Unggahan tersebut diberi judul "Maknai HUT ke-77 RI, Anies Baswedan Ingatkan untuk Jaga Persatuan." Berikut narasi dalam video tersebut:

"JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memaknai HUT ke-77 Republik Indonesia sebagai momen mencari keadilan yang hakiki dan menjaga persatuan.

Hal itu disampaikan Anies saat menghadiri di Istana Merdeka dalam rangka memperingati HUT ke-77 Indonesia.

"Seperti temanya, bangkit lebih cepat, bangkit lebih kuat dan peringatan ini adalah mengingatkan kita semua bahwa kita merdeka untuk mendapatkan keadilan yang hakiki dan perjuangan itu harus kita teruskan," kata Anies.

Selain itu, Anies mengajak seluruh masyarakat untuk berbakti kepada negara.

"Sudah saatnya bagi kita untuk menggunakan peringatan hari kemerdekaan untuk mengingatkan membayar kembali kepada Republik, berbakti kepada Republik karena kita sudah mendapatkan begitu banyak dari Republik ini." ujarnya.

Lebih lanjut, saat ditanya makna peringatan HUT ke-77 RI, Anies mengatakan bahwa persatuan dapat dicapai jika ada kesetaraan dan keadilan.

"Mengingatkan semua bahwa persatuan akan hadir bila ada kesetaraan dan rasa keadilan" paparnya.

Sementara itu, untuk upacara HUT ke-77 RI di Istana Merdeka tahun ini, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan ada sekitar 2.000 undangan untuk masyarakat umum menyaksikan pengibaran bendera."

Selain itu stasiun televisi nasional lain yang meliput adalah CNN Indonesia. Liputan itu diunggah pada 17 Agustus 2022 di Youtube dengan judul "2 Bulan Lagi Menjabat, Ini Komentar Anies Baswedan".

Stasiun televisi lain yang juga meliput acara tersebut adalah I News. Hasil liputannya diunggah di Youtube pada 17 Agustus 2022 dengan judul "Anies Ajak Peserta Upacara HUT ke-77 RI Renungkan Jasa Pahlawan Dibalik Berkibarnya Merah Putih".

Sumber:

https://www.youtube.com/watch?v=LjCXTCd_pTA

https://www.youtube.com/watch?v=BfRzUAYY3l4

https://www.youtube.com/watch?v=Pwm-OMkdjqM

https://www.antaranews.com/video/3063201/pimpin-upacara-17-agustus-di-monas-ini-pesan-anies-baswedan

https://www.liputan6.com/news/read/5044378/pimpin-upacara-hut-ke-77-ri-di-monas-anies-bicara-balas-budi-untuk-indonesia


Kesimpulan

banner Hoax
Perbesar
banner Hoax (Liputan6.com/Abdillah)

Postingan yang mengklaim tidak ada media televisi yang meliput upacara HUT Kemerdekaan RI ke-77 di Monas yang dipimpin Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan adalah tidak benar.


Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta Liputan6.com pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta Liputan6.com bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya